Jangan Memilih Margarin untuk Tetap Sehat di Bulan Puasa

Admin Sukamasak

Banyak orang yang belum mengerti perbedaan mentega dan margarin. Padahal keduanya terbuat dari bahan yang berbeda, begitu juga kandungan nutrisi di dalamnya. Mentega merupakan produk olahan susu yang biasa dipakai untuk memasak atau membuat roti, untuk memberi rasa yang lebih gurih.

Sedangkan margarin dikembangkan sebagai pengganti mentega yang tinggi lemak, karena terbuat dari minyak nabati. Selain berbahan minyak kanola, minyak sawit atau kedelai, ditambahkan juga garam dan bahan-bahan lain agar teksturnya lebih padat dan tidak cepat meleleh. Untuk memilih margarin yang dapat dipakai untuk mengolah makanan dan menyehatkan, pertimbangkan hal-hal berikut ini.

Kandungan Lemak Jenuh

Satu sendok makan margarin yang banyak terdapat di pasaran biasanya mengandung 80-100 kalori, 9-11 gram lemak, dan 2 gram lemak jenuh. Makanan yang mengandung lemak jenuh jika dikonsumsi secara rutin dapat menaikkan kadar kolesterol jahat. Untuk menjaga kesehatan dari ancaman risiko penyakit jantung atau stroke, pilih produk bebas lemak yang biasanya mengandung persentase air yang lebih banyak ketimbang margarin biasa.

Bebas Lemak Trans

Mentega dapat bertahan di suhu ruangan karena lemak jenuh di dalamnya. Sedangkan dalam margarin terkadang ditambahkan garam, maltodekstrin, lesitin kedelai, dan mono atau digliserida untuk membuat teksturnya lebih padat. Sayangnya, masih ada kadar lemak trans yang terbentuk saat hidrogen digunakan untuk memadatkan minyak nabati.

Semakin keras tekstur margarin, semakin tinggi kandungan lemak transnya. Jika dikonsumsi dalam jumlah besar, lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein). Untuk menghindari hal ini, selalu baca bahan-bahan pembuat margarine dengan teliti untuk menemukan adanya kandungan lemak trans atau minyak terhidrogenasi parsial.

Tak perlu takut mengonsumsi margarin, karena ada produk bebas lemak trans, bebas kolesterol, dan halal seperti Filma Margarine. Tidak hanya untuk olesan roti, margarin serbaguna ini juga dapat digunakan untuk menumis, membuat kue, hingga barbeque. Kandungan nutrisi di dalam Filma Margarine pun cukup lengkap. Mulai dari Omega 9 dan 6 yang menjaga kadar kolesterol hingga berbagai vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, B3, D, dan E yang baik bagi kesehatan tubuh.

Tidak perlu ragu menggunakan margarin untuk mengolah makanan, asal pilih yang terbuat dari bahan-bahan terbaik, bebas kolesterol, dan tidak mengandung lemak trans.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar