Manfaat Margarine Sebagai Pengganti Minyak Goreng

Admin Sukamasak

Minyak goreng sudah jadi kebutuhan wajib yang tersedia di dapur. Tapi jika sedang kehabisan, bisa juga menggunakan margarine untuk menggantikan minyak goreng dalam mengolah makanan, terutama untuk menumis atau memanggang. Berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan margarine untuk kesehatanmu.

Sarat akan Nutrisi

Margarin mengandung berbagai nutrisi yang membantu memenuhi kebutuhan dalam tubuh. Untuk setiap 15 gram, margarin berkualitas baik mengandung lemak dan nutrisi penting yang mencukupi sekitar 5 persen dari kebutuhan gizi harian. Untuk perkembangan otak dan pertumbuhan misalnya, terdapat vitamin A untuk menjaga kemampuan penglihatan, vitamin D yang menguatkan tulang, dan asam folat yang penting untuk metabolisme.

Sedangkan untuk menjaga tingkat energi, ada vitamin B kompleks yang membantu mencerna makanan menjadi energi dan membangun sel darah merah baru sehingga membantu membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Tinggi Lemak tak Jenuh

Margarin mengandung kadar lemak tak jenuh yang lebih tinggi daripada mentega. Menurut situs rappler.com, studi menunjukkan bahwa mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh menekan kadar kolesterol sehingga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Margarin adalah campuran susu skim, air dan minyak nabati yang baik, menjadikannya sebagai tambahan lemak baik yang penting untuk makanan semua orang. Hal ini membuat margarin menjadi pilihan yang disukai saat sedang menjalani diet rendah lemak. Pastikan untuk memilih margarin yang bebas kolesterol dan lemak trans, seperti Filma Margarine.

Tidak hanya itu, margarin serbaguna yang dapat digunakan untuk menumis, olesan roti, hingga membuat kue ini juga kaya nutrisi penting. Kandungan Omega 9 dan 6 membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, sedangkan kelengkapan vitamin seperti vitamin A, B1, B2, B3, D, dan E baik bagi kesehatan tubuh. Tidak perlu ragu menggunakannya sebagai pengganti minyak goreng, karena Filma Margarine terbuat dari 100 persen bahan nabati sehingga terjamin halal.

Terbuat dari Campuran Minyak Sehat
Margarin biasanya dibuat dari minyak nabati seperti minyak kelapa, minyak buah kelapa sawit, minyak canola, dan minyak kedelai. Beberapa versi margarin juga diperkaya dengan sterol dan stanol, yang memiliki sifat penurun kolesterol kuat.

Menurut Heart Foundation yang dikutip oleh situs rappler.com, sterol tanaman dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah seperti kolesterol LDL sekitar 10 persen. Baca label dan pilih produk yang bebas kolesterol dan lemak trans yang tidak hanya bikin sajian terasa makin lezat tapi juga baik bagi kesehatan tubuh.

Lezatkan menu buka puasa dan tetap jaga kesehatan tubuh dengan memanfaatkan margarin dalam pengolahan semua makanan. Selamat mencoba!

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar