Rahasia Bebas Kolestrol Walaupun Gemar Makan Gorengan

Admin Sukamasak

Enaknya sih membatalkan puasa dengan kudapan yang gurih, seperti gorengan. Tapi bosan juga mendengar banyaknya pendapat betapa kurang menyehatkannya camilan yang satu ini. Apalagi menyangkut bahaya kolesterol yang dapat memicu tekanan darah tinggi, penyakit jantung, hingga stroke. Untuk menekan rasa khawatir, tidak perlu cemas makan gorengan, cukup lakukan beberapa hal berikut ini.

Gunakan Minyak Berkualitas Baik

Gorengan merupakan sajian yang mudah dibuat, praktis, dan rasanya pun digemari banyak orang. Tidak heran jika makanan ini sering dipilih sebagai kudapan atau pendamping nasi. Yang pertama harus diingat adalah untuk selalu menggunakan minyak berkualitas baik, seperti Filma Signature untuk menjaga kualitas dalam makanan.

Memiliki warna jernih, Filma Signature merupakan kombinasi minyak kelapa sawit dan  minyak zaitun yang menyehatkan.  Minyak kelapa sawit pilihan memiliki betakaroten alami, vitamin D dan vitamin E serta minyak zaitun (extra virgin olive oil) yang memiliki antioksidan polifenol yang baik untuk jantung.

Hindari Memakai Minyak Goreng Bekas

Pernah melihat minyak goreng hitam yang sering dipakai pedagang kaki lima untuk membuat gorengan? Selain membuat rasa gorengan jadi kurang sedap, tentunya hal ini kurang baik bagi kesehatan karena minyak yang telah rusak tersebut dapat menaikkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Ganti minyak goreng yang sudah kecokelatan dengan minyak baru yang jernih, apalagi jika minyak tampak berasap ketika sedang menggoreng. Boleh saja menggunakan minyak bekas, asal tidak berwarna buram, kotor, dan berbau.

Seimbangkan dengan Asupan Serat

Konsumsi gorengan yang terlalu banyak meningkatkan asupan lemak jenuh pada tubuh. Walau rasanya lezat, batasi memakan gorengan dan seimbangkan pola makan dengan sajian yang mengandung tinggi serat, untuk menekan kadar kolesterol dalam tubuh. Tingkatkan konsumsi sayur, buah-buahan, atau oatmeal untuk memenuhi kebutuhan serat.

Tiriskan Minyak

Saat menggoreng makanan, gunakan minyak yang sudah dipanaskan sebelumnya, agar gorengan cepat matang dan hasilnya renyah. Suhu minyak yang kurang panas akan membuat makanan menyerap terlalu banyak minyak dan membutuhkan waktu lebih lama untuk matang. Selain itu, minyak yang baik seperti Filma Signature akan membantu supaya gorengan tiris lebih cepat.

Makan gorengan untuk berbuka puasa itu oke saja, asal tidak berlebihan. Gunakan beberapa tips ini agar kadar kolesterol tetap terjaga.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar