Santaplah Menu Sehat yang Dapat Menjagamu Seharian

Admin Sukamasak

Sahur merupakan waktu makan yang penting buat orang-orang yang menjalani ibadah puasa. Agar tubuh tetap fit dan jauh dari lemas selama berpuasa, menu makanan yang dipilih harus sehat dan memiliki nutrisi yang lengkap. Yuk atur menu sehat untuk sahur dengan tips-tips berikut ini.

Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Nasi merah, nasi hitam, dan kentang yang direbus dengan kulit merupakan contoh karbohidrat kompleks yang dapat dikonsumsi saat sahur. Kandungan seratnya yang tinggi akan membuat gula darah stabil seharian, sehingga tidak merasa lemas terutama di siang hari.

Selain itu, hindari terlalu banyak konsumsi makanan bercitarasa manis, yang justru membuatmu cepat merasa lapar. Pilih pemanis alami dari buah-buahan, gula aren, atau madu.

Lauk Pauk Kaya Protein

Untuk menemani karbohidrat komplek, tambahkan lauk yang kaya protein, baik hewani maupun nabati, seperti tempe, tahu, kacang-kacangan, daging, telur, atau ikan. Agar tidak bosan, kreasikan menu sahur sehingga menggugah selera makan.

Gunakan Filma Margarine yang mengandung Omega 9, Omega 6, Pro Vitamin A, dan 6 vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain bebas kolesterol dan lemak trans, Filma Margarine juga serbaguna dan dapat digunakan dari olesan roti, memasak, menumis, hingga membuat kue.

Konsumsi Zat Besi

Salah satu penyebab tubuh terasa lemas dan mengantuk saat berpuasa adalah menurunnya kadar zat besi dalam tubuh, sehingga pasokan oksigen yang dibawa sel darah merah tidak maksimal. Konsumsi makanan yang tinggi kandungan zat besi saat sahur, seperti daging merah, bayam, atau jus tanpa gula.

Kaya Magnesium dan Potassium

Menu sahur akan makin lengkap dan bernutrisi dengan tambahan makanan yang tinggi magnesium dan potassium. Kedua mineral ini bisa ditemukan pada pisang, jeruk, dan kacang almon, yang akan membantu tubuh memproduksi energi yang cukup untuk beraktivitas sepanjang hari. Tambahkan dalam semangkuk oatmeal sebagai sarapan, atau sebagai variasi salad yang segar dan mengenyangkan.

Jangan Lupa Minum Cukup Air

Mulailah sahur dengan meminum segelas air putih dan lanjutkan setiap jam untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Apalagi jika beraktivitas di suhu udara yang cukup panas, membuat tubuh berisiko terkena dehidrasi selama berpuasa. Selain meminum air putih, bisa juga menggantinya dengan jus buah atau buah-buahan yang tinggi kadar air, seperti jeruk atau semangka.

Menu sahur yang sehat dan bernutrisi tidak hanya menjaga tubuh tetap sehat, tapi dapat beraktivitas seharian.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar