Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Puasa dengan Makanan Bervitamin

Admin Sukamasak

Selama berpuasa, seringkali muncul tantangan yang berkaitan dengan kesehatan tubuh. Mulai dari merasa kurang fit hingga rentan terkena serangan penyakit, seperti flu. Daya tahan tubuh saat puasa memang cenderung menurun karena terbatasnya asupan makanan dan minuman. Untuk meningkatkannya, konsumsi beberapa makanan yang kaya vitamin ini.

 

Vitamin A

Dikenal juga sebagai beta-carotene, memiliki sifat antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Perlindungan ini membantu mencegah penyakit degeneratif, penurunan kemampuan penglihatan, dan menjaga kesehatan kulit, jaringan lunak, dan selaput lendir yang rentan terserang bakteri maupun virus. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin A, konsumsi minyak ikan cod, daging sapi, hati ayam, telur, susu, maupun keju.

 

Vitamin B Kompleks

Vitamin ini membantu mengubah makanan menjadi energi, sehingga tetap fit dan mampu beraktivitas sepanjang hari, walau sedang berpuasa. Vitamin B juga melindungi tubuh dari berbagai masalah kesehatan, misalnya asam folat atau vitamin B9 yang mengurangi risiko kanker. Selain itu, vitamin ini juga sangat penting dalam sistem kekebalan tubuh. Untuk mendapatkan vitamin B kompleks dalam jumlah cukup, masukkan sayuran hijau, salmon, tuna, hati ayam, telur, dan biji-bijian.

 

Vitamin D

Vitamin D membantu penyerapan kalsium dan berperan penting dalam pencegahan penyakit degenerasi tulang, seperti osteoporosis. Selain itu, vitamin ini juga memperkuat fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

Banyak orang mendapatkan cukup paparan sinar matahari untuk dosis vitamin D yang cukup. Tidak hanya itu, beberapa sumber makanan seperti salmon, tuna, hati sapi, keju, dan kuning telur. Susu, sereal, jus jeruk, dan yogurt yang diperkaya vitamin D pun juga dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh.

 

Vitamin E

Tidak hanya berperan penting dalam menjaga kecantikan kulit, tapi juga mengikat radikal bebas sehingga memberikan perlindungan bagi kesehatan tubuh. Agar terhindar dari penyakit yang dipicu peradangan, sertakan bahan makanan seperti hati, telur, kacang-kacangan, biji bunga matahari, sayuran berdaun hijau, alpukat, minyak zaitun, dan asparagus.

Selain bahan-bahan makanan ini, gunakan Filma Margarine yang serbaguna untuk segala keperluan memasak, mulai dari menumis, memanggang, hingga membuat kue. Tidak hanya itu, Filma Margarine mengandung Omega 9 dan 6 baik bagi kesehatan, dan juga vitamin A, B1, B2, B3, D, dan E yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Terbuat dari 100 persen bahan nabati menjadikan Filma Margarine halal, bebas kolesterol dan lemak trans, sehingga tidak perlu ragu mengonsumsinya.

Jaga kondisi tubuh saat berpuasa dengan mengonsumsi makanan bervitamin yang mendukung sistem kekebalan tubuhmu.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar