Tips Meningkatkan Kekebalan Tubuh Saat Puasa

Admin Sukamasak

Daya tahan tubuh selama berpuasa dapat mengalami penurunan, sehingga rentan terkena penyakit yang berujung batalnya ibadah puasa. Agar dapat menjalani Bulan Ramadan dengan nyaman dan tetap fit, ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

 

Menu Makan Sehat dan Bernutrisi

Cara paling mudah untuk menjaga agar sistem kekebalan tubuh berfungsi normal adalah memiliki menu makan yang bernutrisi dan seimbang. Tambahkan sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan dalam menu sahur maupun berbuka puasa.

Untuk menambah nutrisi makanan, olah bahan makanan dengan Filma Signature, yang merupakan perpaduan minyak kelapa sawit dan minyak zaitun yang kaya manfaat kesehatan. Selain kandungan asam lemak tak jenuh yang menjaga kadar kolesterol, juga kaya akan kandungan Beta Karoten alami, vitamin D yang meningkatkan kekebalan tubuh, dan vitamin E sebagai antioksidan alami melawan radikal bebas. Gunakan untuk menggoreng, menumis, hingga memanggang untuk rasa lezat dan sehat.

 

Tetap Berolahraga

Berolahraga lebih dari sekadar menjaga bentuk badan, tapi juga menjadi faktor penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Walau sedang menjalani ibadah puasa, bukan berarti aktivitas olahraga jadi terhenti, lho. Pilih waktu yang paling tepat untuk melakukannya dan lakukan aktivitas yang ringan, agar tidak menghabiskan energi dan membuatmu mengalami dehidrasi.

 

Tidur Cukup

Ada kaitan kuat antara kurang tidur dan rentan terkena penyakit. Kurangnya waktu istirahat di malam hari membuat perbaikan sel tubuh jadi kurang maksimal, sehingga tidak hanya mudah terserang virus dan bakteri, tapi juga mengaktifkan penyakit yang sempat diderita. Walau harus bangun lebih awal untuk sahur, tebus jam tidur dengan meluangkan waktu untuk tidur siang.

 

Memenuhi Kebutuhan Cairan

Walau sedang berpuasa, sebisa mungkin tetap memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, agar terhindar dari dehidrasi dan melemahnya sistem kekebalan tubuh. Selain banyak meminum air putih saat sahur dan berbuka puasa, gunakan jus atau smoothie dari buah maupun sayuran sebagai alternatif. Tambahan vitamin dan mineral di dalamnya sanggup melindungi tubuh dari serangan penyakit, seperti flu dan gangguan pencernaan.

Miliki tubuh sehat walau sedang menjalani ibadah puasa dengan melakukan beberapa kiat mudah ini. Selamat mencoba! 

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar