Gandasturi: Jajanan Masa Lalu yang Kini Sulit Anda Temui

Admin Sukamasak

Anda belum familiar dengan penganan satu ini? Gandasturi memang merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang sudah sulit ditemui sejak beberapa tahun silam. Makanan yang sering disebut sebagai kumbu ini dulu bisa kita dapatkan mudah di berbagai penjual gorengan. Namun, seiring berjalannya waktu, gandasturi pun tak lagi dijajakan.

Lalu, sebenarnya seperti apakah bentuk penganan yang satu ini? Gandasturi adalah kue bulat pipih yang terbuat dari kacang hijau dan dicampur dengan gula merah. Pembuatan adonan gandasturi juga cenderung mudah. Anda tinggal melapisi campuran kacang hijau dan gula merah tadi dengan tepung terigu untuk kemudian menggorengnya. Gandasturi memiliki tekstur yang unik, karena kulitnya yang renyah sementara isiannya lembut dan manis.

Sayangnya, gandasturi yang sangat cocok dijadikan teman minum teh atau kopi ini hampir tidak pernah Anda temui lagi. Jika ingin mencoba kelezatan penganan satu ini, Anda dapat mencoba membuatnya sendiri di rumah. Namun, untuk membuat gandasturi dengan tekstur yang tepat, beberapa poin penting di bawah ini wajib Anda perhatikan:

  1. Pertama, untuk mendapatkan tekstur isian yang lembut, rebus kacang hijau dengan pandan sampai kacang benar-benar empuk. Setelah itu, Anda dapat menggunakan blender untuk membuat tekstur kacang hijau menjadi lebih halus.
  2. Kedua, pastikan Anda menggoreng gandasturi dengan cara yang tepat, ya. Jaga agar suhu minyak tidak overheated selama proses penggorengan, karena hal ini akan mengakibatkan gandasturi tidak matang secara merata. Selain itu, tekstur kulit gandasturi pun akan menjadi keras dan warnanya cenderung kecoklatan. Oleh karena itu, gunakan minyak yang berkualitas seperti Kunci Mas agar gandasturi Anda dapat disajikan dengan sempurna.

Ingin merasakan kembali cita rasa gandasturi yang saat ini sudah sulit ditemui? Yuk buat sendiri gandasturi di rumah bersama minyak goreng berkualitas dari Kunci Mas!

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar