Mengenal Sate Lebih Dekat, Yuk!

Admin Sukamasak

Siapa tak kenal sate? Kelezatan makanan satu ini memang sudah terkenal di seluruh Indonesia, bahkan hingga berbagai negara lainnya di dunia. Survey yang dilakukan oleh CNNGo menyebutkan, sate khas Madura menduduki peringkat ke-14 makanan terbaik di dunia. Menarik, bukan? Tapi, tahukah Anda fakta-fakta menarik tentang sate lainnya? Yuk, cek di bawah!

1. Sudah Ada Sejak Abad ke-19
Keberadaan sate mulai populer sejak abad ke-19 di Pulau Jawa. Meski demikian, awal kemunculannya masih menjadi pertanyaan. Ada pendapat yang menyatakan bahwa sate diperkenalkan oleh bangsa Tamil, namun ada juga yang mengungkapkan bahwa sate berasal dari Cina.


2. Indonesia Memiliki Berbagai Jenis Sate
Masyarakat Indonesia yang berasal dari berbagai daerah nyatanya cukup kreatif untuk menciptakan beragam jenis sate. Beberapa contohnya adalah Sate Ayam dan Kambing khas Madura, Sate Lilit dari Bali, Sate Buntel dari Surakarta, atau Sate Klathak dari Yogyakarta. Bahkan, dewasa ini muncul varian sate terbaru, yaitu Sate Taichan.


3. Sate Madura Paling Banyak Diminati
Meskipun telah muncul banyak varian sate, ternyata Sate Madura tetap menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan oleh keberadaan sate madura yang mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, Sate Madura memiliki bumbu khas yang lezat sehingga disukai oleh berbagai kalangan. Bumbu ini terdiri dari campuran kacang, perasan jeruk nipis, dan kecap manis.


Bagaimana? Anda pasti juga setuju kalau sate merupakan salah satu makanan terbaik dari Indonesia, bukan? Psst, saat menyajikannya, jangan lupa sediakan Kecap Sate agar hidangan sate Anda semakin sempurna, ya!

Sumber: Kumparan

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar

Comment

Yusrika Chen

Infonya sangat bermanfaat !

October 16, 2017