Fakta dan Mitos yang Harus Anda Tahu tentang Minyak Zaitun

Admin Sukamasak

Selama ini, minyak zaitun memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, seiring berjalannya waktu, muncul berbagai informasi pro-kontra serta mitos mengenai minyak zaitun itu sendiri. Lalu, sebenarnya apakah mitos tentang minyak zaitun tersebut dapat Anda terima begitu saja? Yuk simak penjelasan di bawah ini agar Anda tak merasa was-was lagi saat mengonsumsi minyak zaitun!

  • Mitos: Minyak Zaitun Asli Akan Membeku saat Diletakkan di Kulkas Merupakan
    Fakta: Keaslian minyak zaitun tak dapat ditentukan tanpa peralatan laboratorium yang memadai, terlebih jika Anda hanya mencoba mengeceknya di rumah. Hal ini disebabkan oleh beberapa jenis minyak zaitun membeku lebih cepat dibanding yang lainnya. Meski demikian, Anda dapat melakukan pengecekan kualitas minyak zaitun dari aroma dan rasa. Minyak zaitun yang berkualitas memiliki aroma dan rasa yang cenderung kental, buttery, serta cenderung pahit.
  • Mitos: Minyak Zaitun yang Berwarna Hijau Memiliki Kualitas Lebih Baik
    Fakta: Tidak ada standar warna tertentu untuk menentukan kualitas minyak zaitun. Adanya perbedaan varietas dan perkembangan buah zaitun sendiri juga menentukan bagaimana warna minyak zaitun yang kelak akan diproduksi. Selain itu, saat ini telah banyak ditemukan minyak zaitun yang menggunakan pewarna sehingga memunculkan warna hijau bening yang menjadikan Anda semakin sulit untuk membedakan. Walaupun termasuk sulit dideteksi, Anda dapat memilih minyak zaitun dengan warna yang umum, yaitu kuning emas kehijauan.
  • Mitos: Panas akan Menghilangkan Manfaat Minyak Zaitun
    Fakta: Minyak zaitun memiliki titik didih yang lebih tinggi dibandingkan minyak biasa, sehingga Anda tak perlu khawatir untuk menggunakannya sebagai bahan masakan. Saat dipanaskan, memang akan terjadi perubahan rasa pada minyak zaitun, namun manfaat yang dikandungnya tidak akan berubah dan berkurang.

Setelah mengetahui berbagai informasi di atas, kini Anda tak perlu lagi khawatir saat mengonsumsi minyak zaitun. Pastikan Anda mengonsumsi minyak zaitun yang berkualitas, seperti Filma Olive Oil. Filma Olive Oil diproduksi dengan bahan-bahan alami yang kaya manfaat, sehingga hasil masakan Anda pun menjadi sempurna.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar