Mengintip Sejarah Pastel Goreng, Yuk!

Admin Sukamasak

Pastel memang menjadi salah satu makanan yang banyak diminati sejak puluhan tahun silam. Rasanya yang gurih dan kandungan gizinya yang cukup membuat camilan satu ini kerap dijadikan bekal Ibu untuk buah hatinya. Pastel juga mudah ditemui di mana saja dengan harga yang relatif terjangkau. Tak heran jika kemudian pastel dapat bersaing dengan camilan-camilan baru yang mulai bermunculan.

Lalu, sebenarnya apa sih pastel itu? Pastel adalah semacam pastry yang dibuat dengan meletakkan isian di dalamnya, lalu dilipat dan ditutup rapat. Pastel dapat terasa manis atau gurih tergantung dari isian. Di Indonesia sendiri, pastel gurih memang lebih populer. Pastel gurih ini umumnya berisi daging dan sayuran yang digoreng.

Namun, meskipun sudah dikenal sejak lama, benarkah pastel merupakan camilan khas Indonesia? Hal ini ternyata masih dipertanyakan. Pastel dipercaya berasal dari Mediterania, Timur Tengah sampai India. Kui ini mulai diperkenalkan di Eropa Selatan saat penyerbuan Bangsa Moor ke Eropa pada masa Perang Salib. Tak lama, kue ini kemudian mengalami modifikasi hingga menjadi kue khas Eropa Selatan dengan nama Empanada. Namanya berasal dari kata kerja empanar, yang berarti bungkus atau mantel dalam roti

Kolonialisme Portugis dan Spanyol lalu membawa kue pastel ke negara-negara jajahannya sehingga menjadikan kue ini begitu populer di Amerika Latin, Filipina, termasuk Indonesia. Empanada di Amerika Latin, Filipina, dan Indonesia memiliki variasi isian berbeda-beda yang disesuaikan dengan selera masyarakat.

Pastel di Indonesia memiliki cita rasa yang gurih dan lezat karena merupakan perpaduan antara sayuran, daging, dan adonan kulit pastry yang lembut. Pastel juga bernilai gizi tinggi sehingga sangat tepat disajikan untuk keluarga. Jika Anda ingin membuatnya, jangan lupa untuk menggunakan berbagai bahan isian serta minyak goreng yang berkualitas. Minyak goreng yang berkualitas seperti Kunci Mas akan membuat gorengan pastel Anda menjadi lebih sehat dan tetap lezat. Yuk gunakan minyak goreng Kunci Mas sekarang dan sajikan pastel sehat serta lezat untuk seluruh keluarga!

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar