Ingin Menyajikan Sosis Bakar BBQ saat Berkumpul Bersama Kerabat? Yuk Perhatikan Hal-Hal di Bawah Ini agar Sajian Anda Jadi Lebih Sempurna!

Admin Sukamasak

Anda memiliki rencana untuk mengadakan acara berkumpul bersama kerabat terdekat? Tentunya Anda harus mempersiapkan banyak hal untuk menjadikan acara tersebut lebih fun, warm, dan menyenangkan. Salah satunya adalah menyajikan makanan yang tepat sehingga suasana berkumpul pun menjadi lebih hangat dan akrab. Namun, jika Anda tak memiliki banyak waktu untuk mempersiapkannya, Anda bisa membuat hidangan yang cepat namun tetap lezat. Bahkan, Anda dapat menyuguhkan hidangan yang dapat bersama-sama dengan seluruh kerabat, seperti sosis bakar BBQ. Selain cepat dan mudah, sosis bakar BBQ juga memiliki cita rasa yang lezat. Namun, saat menyajikannya, pastikan Anda juga memperhatikan hal-hal di bawah ini, ya!

1. Memilih Sosis yang Tepat
Anda dapat memilih beberapa jenis sosis seperti frankfurter, bratwurst, ataupun weiner untuk kemudian diolah menjadi BBQ. Dalam memilih sosis, pastikan Anda juga memperhatikan ciri-ciri sosis yang berkualitas baik seperti di bawah ini:
• Kemasan yang disertaui dengan nama produsen, tanggal kadaluwarsa, info nutrisi, dan registrasi BPOM
• Warna cokelat kemerahan untuk sosis daging sapi sedangkan cokelat pucat untuk sosis ayam
• Tidak terlalu keras, namun juga tidak terlalu kenyal saat ditekan
• Saat dipotong terlihat permukaan berpori kasar yang menunjukkan tekstur adonan daging alami;
• Warna sosis tidak luntur ketika dimasak

2. Mempersiapkan Sosis
Jika Anda ingin membuat Sosis BBQ, sebaiknya biarkan sosis dalam keadaan utuh untuk menjaga tekstur dan cita rasanya. Pasalnya, pemotongan dan pengeratan sosis membuat bumbu dan cairan dalam sosis keluar sehingga rasanya kurang gurih dan teksturnya pun berubah. Anda juga dapat merebus sosis terlebih dahulu dengan api yang rendah selama beberapa saat. Hal ini bertujuan untuk mempersingkat waktu pembakaran atau pemanggangan. Tambahkan pula bawang putih, bawang bombay, ataupun bumbu favorit lainnya dalam air agar sosis bercita rasa gurih enak. Jika ingin paduan rasa yang lebih nikmat, rebus sosis bersama kaldu ayam atau sapi.

3. Memberi Bumbu pada Sosis Bakar
Saus BBQ biasanya paling cocok dijadikan olesan sosis. Saus ini memiliki cita rasa gurih manis dengan sedikit hint rasa pedas. Untuk membuat saus BBQ diperlukan margarin, cabai rawit, cabai merah, bawang putih, bawang merah, saus tomat, kecap manis, dan merica hitam. Caranya pun cukup mudah, Anda dapat mulai menuumis cabai dan bawang hingga layu, lalu masukkan bahan lainnya. Aduk hingga mendidih, angkat. Olesi sosis dengan saus BBQ sebelum dibakar dan saat disajikan. Jangan lupa siapkan saus tomat dan saus cabai untuk menambah cita rasa sosis. Agar memperoleh cita rasa yang lezat, pastikan Anda menggunakan bumbu-bumbu berkualitas, seperti Kecap Sate. Cita rasa manis dari Kecap Sate membuat sosis BBQ Anda menjadi lebih nikmat.

4. Membakar Sosis
Membakar sosis bisa langsung di atas alat panggangan sosis atau di atas kompor menggunakan pan grill. Gunakan api ukuran sedang agar sosis matang merata dan tidak gosong. Jangan lupa balikkan sisian sosis ketika dipanggang. Untuk hasil maksimal, gunakan penjepit khusus sosis yang menjaga lemak sosis terbuang percuma dan bentuknya tetap utuh saat dibakar di atas panggangan. Sosis akan matang sempurna pada suhu 65 -70 C.

Tak sulit, kan, meembuat acara berkumpul menjadi lebih hangat dan menyenangkan? Dengan menyajikan sosis bakar BBQ bersama Kecap Sate, Anda dapat menyuguhkan hidangan menarik denga cepat, mudah, dan lezat!

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar