Mengenal Berbagai Bahan Pelengkap untuk Membuat Kue

Admin Sukamasak

Membuat kue memang membutuhkan beberapa bahan pelengkap agar hasilnya semakin maksimal. Beberapa bahan pelengkap ini mungkin sudah sering Anda dengar, semisal Ovalet, Cream of tartar, Baking Powder, dan lain sebagainya. Namun, sebenarnya apakah fungsi masing-masing bahan pelengkap tersebut? Yuk cari tahu di bawah!

1. Ovalet
Ovalet merpakan emulsifier yang digunakan saat menyatukan mentega dan telur. Dengan menggunakan ovalet, hasil akhir kue menjadi lembut dan sedikit basah.

2. Cream of tartar
Cream of tartar atau krim tartar merupakan salah satu bahan pelembut kue. Bubuk putih halus ini berasal dari pemurnian tartaric acid—hasil penyulingan minuman anggur (wine).
Selain melembutkan tekstur kue, krim tartar juga bisa dipakai sebagai ragi atau pengembang. Kombinasi krim tartar dengan baking soda akan menghasilkan gas karbondioksida—jenis gas yang juga dihasilkan ragi dalam roti panggang. Jika krim tartar dimasukkan ke dalam putih telur, lalu digunakan untuk membuat kue, adonan tak lekas kempis. Jika ditambahkan ke dalam sirup, krim tartar mampu mencegah gula mengkristal.

3. Baking Soda
Merupakan bahan pengembang juga yang didalamnya terdapat beberapa kandungan, diantaranya : Natrium Bikarbonat, Sodium Asam Pirofosfat, dan bahan pengemulsi. Baking powder umumnya digunakan untuk membuat kue dengan adonan yang mengandung tambahan bahan asam sehingga rasa yang dihasilnya tidak ada pahitnya.

4. Baking Powder
Merupakan bahan pengembang yang kandungannya adalah 100% Natrium Bikarbonat dan biasa digunakan untuk membuat roti/kue sebelum dikukus atau dipanggang. Baking soda umumnya digunakan untuk bahan pengembang kue yang adonannya tidak ada tambahan bahan asam sehingga kue yang dihasilkan bersifat netral.

5. Unipan
Bahan ini khusus untuk roti yang dapat meningkatkan kualitas roti. Bisa dikatakan bahwa bahan ini merupakan campuran dari semua bahan yang ada diatas. Bahan ini terbuat dari berbagai macam campuran bahan aktif seperti ragi makanan, pelunak gluten, enzim dan emulsifier. Efeknya pada roti adalah menjadi lebih empuk, lembab dan seratnya lebih halus serta memperpanjang daya simpan. Dalam hal pembuatan, bahan ini akan mempersingkat waktu karena fermentasinya menjadi lebih singkat.

Dengan mengenal bahan-bahan pelengkap di atas, tentunya hasil kue Anda akan menjadi lebih nikmat. Tak hanya bahan pelengkap, Anda juga harus memperhatikan berbagai bahan baku, seperti margarin yang baik, agar hasil kue Anda menjadi lebih lezat. Pilih margarin yang berkualitas seperti Palmboom Margarin untuk hasil baking terbaik. Yuk, mulai sajikan berbagai kue lezat bersama Palmboom Margarin untuk seluruh anggota keluarga!

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar