Seperti jeruk, Apel juga memiliki beragam jenis. Kulitnya biasanya berwarna merah tapi bisa juga berwarna hijau atau kuning. Buah yang kaya akan vitamin dan mineral ini memiliki rasa manis. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, apel juga dapat diolah menjadi campuran makanan atau minuman seperti minuman cuka apel yang diperoleh dari hasil fermentasi yang bermanfaat bagi kesehatan.

 

Manfaat Kesehatan:

Buah apel mengandung banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc. Selain itu, antioksidan dari zat fitokimia yang terkandung dalam buah apel bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang berasal dari polusi atau lingkungan sekitar. Asam tartar yang terdapat pada buah apel juga baik untuk kesehatan saluran pencernaan karena zat ini mampu membunuh bakteri yang ada dalam saluran pencernaan. Apel juga mengandung tanin yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut, sehingga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Tips sederhana:

Untuk Anda yang memiliki kulit wajah kering dan normal, gunakan masker apel-madu untuk meremajakan dan mencerahkan kulit.  Masker bisa dibuat dengan cara memarut apel yang sudah dikupas  dan campurkan dengan satu sendok makan madu. Oleskan pada wajah dan leher lalu biarkan selama 15-20 menit. 

Aneka resep masakan yang menggunakan apel:

Apple Pie, Tart Apel, Lamb Chop with Apple Sauce, Bola-bola Goreng Isi Apel. 

Bagikan ke: