Bayam (spinacea oleracea) adalah sayuran yang berasal dari Amerika dan New Zealand. Tetapi karena mudah tumbuh di mana saja, kini bayam sudah sangat dikenal di berbagai negara termasuk Indonesia. Di Indonesia, bayam diolah dengan berbagai cara seperti ditumis dan direbus untuk dikonsumsi sehari-hari.

Sayuran yang identik dengan tokoh kartun Popeye ini terkenal sebagai sumber zat besi yang penting bagi tubuh. Kandungan besi pada bayam relatif lebih tinggi daripada sayuran lain sehingga baik dikonsumsi oleh penderita anemia.

Bayam menurut banyak penelitian memiliki zat pencegah kanker yang effektif, meningkatkan memori otak dan menutrisi sendi dan tulang

Walaupun begitu, bayam tidak boleh dikonsumsi lebih dari 5 jam karena sayuran ini mengandung zat Nitrat yang apabila teroksidasi udara akan berubah menjadi Nitrit yang bersifat racun bagi tubuh manusia. Dengan rutin mengkonsumsi bayam, tubuh tidak mudah capek karena mengandung zat besi tinggi yang memberi cadangan energi besar untuk tubuh, maka tak heran tokoh popeye selalu terlihat bersemangat !

Aneka resep makanan yang menggunakan bayam:

Bayam cah udang, spaghetti saus bayam, sup bayam tahu, kripik bayam.

Bagikan ke: