Jahe (Zingiber officinale) adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rasanya pedas, disebabkan oleh senyawa keton bernama zingeron.

Di kalangan masyarakat barat, jahe atau yang juga sering disebut ginger ale merupakan produk yang digemari. Sementara di Jepang dan Tiongkok, jahe seringkali digunakan untuk membuat asinan jahe. Di Indonesia, jahe digunakan dalam pengolahan minuman-minuman seperti sekoteng, bandrek, dan wedang jahe yang digemari karena mampu memberikan rasa hangat di malam hari, terutama di daerah pegunungan.

Selain untuk pemberi sensasi pedas dan hangat pada makanan dan minuman, jahe juga berkhasiat mengatasi infeksi bakteri, infeksi jamur, gangguan lambung, bahkan tumor sekalipun. Dengan kandungan antioksidan yang dimilikinya, jahe juga dapat mengurangi resiko penyakit kanker dan menghambat pertumbuhan kuman pada tubuh. Tumbuhan rimpang ini juga mengandung antikoagulan (anti pembekuan darah) yang lebih berkhasiat daripada bawang putih.

Aneka resep masakan yang menggunakan jahe:

Rendang, Sop buntut, Wedang jahe, Ayam jahe, Nasi ayam jamur.

Bagikan ke: