Ketumbar (Coriandrum sativum) adalah tumbuhan rempah-rempah yang populer. Bentuknya seperti butiran-butiran kecil menyerupai lada, tapi ukurannya lebih kecil. Aromanya juga sangat khas, mudah dibedakan dengan lada. Selain itu ketumbar juga lebih ringan daripada lada karena tidak berisi.

Berbagai jenis masakan tradisional Indonesia kerap menggunakan bumbu berupa biji ini agar aroma dan rasa masakan lebih lezat. Biasanya ketumbar dipakai untuk bumbu goreng-gorengan, seperti ayam goreng, empal gepuk dari daging sapi, tahu, tempe, ikan dan sebagainya. Bumbu ini juga biasa dipakai untuk masakan-masakan Asia lainnya seperti makanan Thailand dan Vietnam, serta masakan berbumbu tajam khas India dan Timur Tengah.

Selain menyedapkan masakan, ketumbar juga memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengatasi masalah pencernaan dan mencegah mual. Minyak esensial yang dimiliki bumbu mungil ini juga ternyata berkhasiat untuk membunuh salmonella dan E. coli yang merugikan tubuh kita. 

Aneka resep masakan yang menggunakan ketumbar:

Rempeyek kacang, Mi goreng kari, Serundeng ati, Ayam goreng kremes.

Bagikan ke: