Buah mangga memiliki daging buah dengan rasa manis-asam dan mengandung kadar vitamin C yang tinggi. Jenis mangga beraneka macam, seperti mangga mana lagi, mangga gadung, mangga arum manis dan lain-lain. Bahkan tercatat ada 2000 jenis mangga di dunia. Buah yang berasal dari perbatasan India ini memiliki nilai-nilai kultural yang tinggi, khususnya di negara-negara Asia bagian selatan. Di Filipina, buah ini merupakan simbol nasional. Bahkan dalam kitab suci Weda, mangga dianggap sebagai “hidangan para dewa”.

Manfaat Kesehatan:

Mangga merupakan sumber betakaroten yang di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A dan baik untuk kesehatan mata. Di setiap 100 gram mangga, terkandung kalium sebesar 156 mg yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Satu buah mangga mencukupi 60 % kebutuhan vitamin C harian per orang. Buah mangga memiliki kandungan karbohidrat yang berasal dari gula sukrosa dan baik sebagai sumber energi.

Tips sederhana:

Anda yang ingin menurunkan berat badan bisa coba mengkonsumsi mangga 2 kali sehari dalam 10 minggu. Menurut hasil penelitian, cara ini dapat menurunkan berat badan sampai 22 kg serta menurunkan kadar kolesterol dan gula dalam darah.

Kreasi masakan yang menggunakan mangga:

      Kakap Goreng Sambal Mangga, Puding Mangga Kelapa Muda, Mango Cream Cake, Ikan Panggang Sambal Mangga.

Bagikan ke: