Minyak Goreng adalah salah satu komponen penting dalam memasak, minyak yang berasal dari lemak tumbuhan atau hewan yang dimurnikan dan berfungsi sebagai penghantar panas untuk mematangkan makanan. Minyak goreng yang beredar di pasaran umumnya terbuat dari bahan nabati seperti bunga matahari, kacang kedelai, kacang tanah, kelapa atau kelapa sawit. Minyak goreng sebaiknya hanya digunakan sekali atau dua kali karena penggunaan berkali-kali bisa menyebabkan ikatan trigliserida pada minyak berubah menjadi gliserol dan asam lemak bebas yang berbahaya bagi tubuh. Dengan memilih minyak goreng yang tepat, hasil gorengan dapat menjadi lebih garing, grih dan renyah.

Dalam memilih minyak goreng yang baik, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kadar kolesterolnya. Pada dasarnya, minyak goreng berbahan dasar tanaman seperti sawit, kelapa, kacang tanah, kacang kedelai atau biji bunga matahari tidak mengandung kolesterol seperti yang terbuat dari bahan hewani seperti lemak kambing atau lemak sapi. Oleh karena itu, orang dengan penyakit kolesterol tinggi sebaiknya mengkonsumsi minyak goreng berbahan nabati.

Minyak goreng yang baik, diproduksi dari buah sawit pilihan, diproses dengan teknologi tinggi, sehingga lebih terjaga kandungannya.

Bagikan ke: