Air adalah suatu zat atau materi atau unsur yang penting bagi kehidupan di bumi. Bahkan, 71% permukaan bumi terdiri dari air. Dari sudut pandang biologis, air memiliki berbagai sifat dan unsur penting bagi kehidupan. Semua makhluk hidup memiliki ketergantungan pada air karena air merupakan zat pelarut yang penting dalam proses metabolisme seluruh makhluk hidup.

Menurut Departemen Kesehatan, air minum adalah air yang melalui atau tidak melalui proses pengolahan ,memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum. Syarat kesehatan tersebut antara lain tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna dan tidak mengandung mikroorganisme berbahaya serta logam berat.

Pada manusia, 75% bagian tubuh terdiri dari air. Oleh karena itu, konsumsi air minum adalah hal penting bagi tubuh. Dalam kehidupan sehari-hari, air dapat dikonsumsi dengan cara meminumnya atau mengkonsumsi makanan padat yang mengandung air seperti buah dan sayuran. Dalam memasak, air seringkali digunakan sebagai kuah masakan atau sebagai pelunak bagi beberapa adonan kue.

Bagikan ke: