Cabai atau cabe atau sering juga disebut dengan Lombok adalah buah dan tumbuhan yang dapat digolongkan sebagai sayuran ataupun bumbu. Rasanya yang pedas membuat cabai lebih sering digunakan sebagai pelengkap bumbu pada berbagai resep masakan Indonesia maupun negara lain. Buahnya yang berwarna merah atau hijau ini biasanya banyak digunakan pada masakan daerah Padang yang identik dengan rasa pedas.

Buah pedas ini memiliki berbagai macam jenis, mulai dari yang biasa digunakan sebagai bumbu sehari-hari, yaitu cabai keriting. Kemudian ada juga cabai berukuran kecil, yang dikenal dengan sebutan cabai rawit. Cabai rawit memiliki rasa yang cenderung lebih pedas dibandingkan dengan cabe keriting, dan biasanya lebih diminati saat masih berwarna hijau. Berikutnya ada juga cabai yang digemari di Thailand, yaitu cabai jenis Cayenne chili. Cabai jenis ini bentuknya seperti pedang dan sering digunakan pada makanan khas Thailand sebagai campuran acarnya. Hampir serupa dengan Cayenne chili, terdapat juga jenis cabai Yellow banana pepper yang berbentuk panjang menyerupai pisang dan berwarna merah atau kuning. Cabai jenis ini seringkali digunakan untuk membuat acar, kaserol atau pasta.

Manfaat kesehatan:

Di balik rasa pedas yang dimilkinya, cabai memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan tubuh. Kaya akan kandungan vitamin C dan betakaroten (provitamin A), cabai dapat menjaga daya tahan tubuh dengan baik. Selain itu, cabai juga dapat bermanfaat dalam penyembuhan luka berkat zat capsaicin di dalamnya yang dapat menghilangkan rasa sakit. Selain untuk menyembuhkan luka, zat capsaicin pada cabai juga bermanfaat untuk mengencerkan lendir pada rongga hidung di saat flu. Bahkan, dengan mengkonsumsi zat tersebut secara rutin, darah serta pembuluh darah akan tetap lancar, sehingga terhindar dari penggumpalan darah yang dapat menyebabkan stroke. Ditambah kandungan antioksidannya yang cukup tinggi, cabai juga dapat memperlambat proses penuaan dini. Semua manfaat ini dapat dirasakan dengan mengkonsumsi cabai dalam jumlah yang wajar, karena jika berlebihan justru cabai dapat mengakibatkan sakit perut.

Aneka resep masakan yang menggunakan cabai:

Ayam goreng cabai, cumi cabai hijau, oseng tahu cabai, telor balado.

Bagikan ke: