Taoge adalah sayuran dari tanaman kacang-kacangan yang dikecambahkan, umumnya berasal dari kacang hijau. Sayuran ini juga memiliki berbagai jenis yang berbeda tergantung dari asal kecambahnya. Jenis-jenisnya antara lain taoge kedelai, taoge alfafa, dan masih banyak lagi. Bentuk sayuran ini kecil, hanya berbentuk batang berwarna putih dengan panjang sekitar 3 cm mengerucut bersatu dengan akarnya.

Sayuran yang banyak digunakan pada resep makanan Indonesia dan Asia Timur ini, tergolong sayuran praktis yang mudah dipanen dalam waktu singkat. Hanya dalam jangka waktu 3-5 hari, taoge dapat dipanen dan digunakan sebagai makanan sehari-hari. Taoge juga dapat tumbuh sepanjang tahun dalam segala cuaca karena pada dasarnya tanaman ini tidak membutuhkan sinar matahari dan lahan tanam.

Manfaat kesehatan:

Meskipun bentuknya kecil, taoge memiliki manfaat yang begitu besar bagi kesehatan kita. Sayuran ini memiliki senyawa peremajaan sel yang sangat bermanfaat sebagai pelindung tubuh dari stroke, serangan jantung dan kanker. Selain itu, kandungan estrogen alami yang dimilikinya juga sangat baik dalam meningkatkan kepadatan dan susunan tulang, serta mencegah osteoporosis. Kandungan lainnya yang bermanfaat bagi tubuh adalah saponin, karena dapat melarutkan lemak jahat (LDL) tanpa mengganggu kandungan lemak baik (HDL). Mengkonsumsi taoge juga dapat melancarkan pencernaan dan membersihkan zat beracun pada usus. Dengan serat dan air yang dikandungnya, taoge dapat mendorong kotoran pada usus besar dan mencegah penumpukan zat racun yang dapat memicu tumbuhnya kanker.

Kreasi masakan yang menggunakan taoge:

 

Bakwan taoge, ayam cah taoge, oseng tahu taoge, soto ayam.

Bagikan ke: