Seledri adalah sayuran daun berwarna hijau yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Tanaman yang masuk ke kategori sayuran ini sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu di Eropa sebagai penyedap makanan sekaligus obat. Ciri-ciri fisik seledri adalah memiliki tinggi 25-100 cm, batang persegi, beralur membujur, dan memiliki bunga kecil berwarna putih kehijauan yang banyak.

Daun seledri mempunyai aroma khas yang membuatnya dimanfaatkan sebagai pelengkap di berbagai macam makanan, khususnya resep Indonesia seperti; sup, bakso atau bubur ayam. Sedangkan di Eropa dan beberapa negara Asia lainnya, bagian seledri yang digunakan sebagai bahan atau penyedap masakan bukan hanya daunnya, namun juga tangkainya.

Manfaat Kesehatan:

Sejak jaman awal Mesir, Yunani dan Romawi, seledri sudah dikenal sebagai tanaman obat yang bermanfaat mengatasi beberapa penyakit seperti flu, masalah pencernaan, limpa dan hati. Di Indonesia, seledri dikenal sebagai salah satu alternatif obat herbal untuk mengatasi hipertensi. Selain itu kandungan magnesium yang terdapat pada tumbuhan ini juga dapat berfungsi menghilangkan stress.  Kandungan lainnya yang juga bermanfaat pada seledri adalah psoralen, yaitu zat kimia yang dapat menghancurkan radikal bebas biang penyebab kanker.

Kreasi masakan yang menggunakan seledri:

Sop buntut sapi, perkedel kentang, soto banjar, sup ikan seledri.

Bagikan ke: