Anggur adalah buah dari tanaman perrdu yang merambat dan termasuk dalam genus vitis. Tanaman buah ini sudah dibudidayakan sejak 4000 SM di Timur Tengah kemudian berkembang pesat hingga tersebar ke seluruh penjuru dunia. Di Indonesia, anggur telah dibudidayakan secara luas di Probolinggo, Situbondo, Banyuwangi, Palu, Malang, Pasuruan, Panarukan, Buleleng, Kupang dan berbagai daerah lainnya.

Secara fisik, anggur memiliki daging buah yang rasanya asam sekaligus manis, bentuknya hampir bulat dan kulitnya berwarna merah kehitaman, ungu, hijau atau kuning keemasan dengan lapisan tepung di kulitnya. Buah anggur biasanya dikonsumsi secara langsung atau dapat juga diolah menjadi jus, jelly, minyak biji anggur, kismis dan minuman anggur atau yang dikenal dengan sebutan “wine”.

Manfaat kesehatan:

Selain disajikan sebagai buah sehari-hari, anggur juga bermanfaat untuk kesehatan sejak jaman Mesir Kuno hingga di era modern ini. Buah mungil ini memiliki banyak kandungan yang dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk beberapa penyakit, seperti gangguan pencernaan, hipertensi, kolesterol tinggi, dan kanker.

Kandungan magnesium dan seratnya membuat anggur dapat dengan baik membersihkan usus sehingga dapat mengurangi keluhan gangguan pencernaan. Selain itu antioksidan serta Vitamin C, A , B, E dan K yang dikandung anggur juga bermanfaat untuk mencegah kanker, penuaan dini, menjaga kekebalan tubuh dan menyehatkan gusi dan mulut.  Bukan hanya daging buahnya, biji anggur pun bermanfaat bagi kesehatan, yaitu mengandung endungeoned pycnogenol yang dapat mencegah stroke.

Aneka resep masakan yang menggunakan anggur:

Jus anggur, sop buah, fruit salad, fruit pie.

Bagikan ke: