Tahu adalah makanan dari kacang kedelai yang difermentasikan dan diambil sarinya. Berasal dari Cina, tahu adalah kata serapan dari bahasa Hokkian, tauhu yang berarti “kedelai yang difermentasi”. Makanan ini pertama kali diciptakan di zaman Dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu yang kemudian dibawa oleh perantau Cina hingga menyebar ke Asia Timur, Asia Tenggara dan akhirnya ke seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri tahu memiliki beragam jenis seperti tahu cina yang putih dan lembut, tahu sumedang yang kuning kecoklatan, hingga tahu bandung yang berwarna kuning. Pada umumnya, tahu banyak digunakan dalam berbagai menu masakan Asia. Begitu populernya penggunaan tahu pada masakan Asia, tahu bahkan disebut sebagai “keju asia”.

Manfaat kesehatan:

Kandungan protein pada tahu telah terbukti secara medis dapat menurunkan kadar kolesterol sebanyak 30%. Selain itu tahu juga dapat mengurangi resiko terjadinya pembekuan darah sehingga baik bagi penderita jantung dan diabetes. Nutrisi tahu lainnya yang juga bermanfaat bagi tubuh adalah kandungan kalsiumnya yang baik bagi penderita osteoporosis. Bagi Anda yang sedang diet, tahu juga baik untuk dikonsumsi karena rendah kalori serta kandungan proteinnya membuat tubuh tidak cepat merasa lapar.

Kreasi makanan menggunakan tahu:

Rolade tahu, semur tahu, pepes tahu, kroket tahu.

Bagikan ke: