Lemon merupakan salah satu jenis jeruk yang rasanya sangat kecut namun sering digunakan sebagai penyedap atau penyegar dalam masakan. Bentuk buahnya hampir oval dan kedua ujungnya meruncing. Aroma lemon sangat segar dan dipercaya dapat meningkatkan energi serta menenangkan dari rasa gelisah jika dihirup. Untuk memberikan aroma lemon pada masakan, caranya mudah. Cukup parut (zest) kulit lemon dan campurkan dalam masakan atau adonan kue. Namun, jangan terlalu banyak menambahkan parutan kulit lemon karena akan menimbulkan rasa yang pahit.

Sari jeruk lemon dapat membuat daging ayam lebih terasa gurih dan mempertahankan juice dari daging ayam. Penggunaan jeruk lemon sebagai penghilang bau amis pada seafood sudah dikenal sejak dulu. Cukup peraskan buah lemon pada seafood sebelum diolah, seafood akan bebas dari bau amis.

Tiap 100 gram buah lemon mengandung 88% vitamin C, 5% vitamin B-6, 138 gram kalsium, dan 1.1 gram protein. Lemon dapat mengurangi bau napas tak segar. Campur dua sendok makan air perasan jeruk lemon dengan segelas air. Kumur-kumur menggunakan air tersebut sehari dua kali.

Resep yang menggunakan lemon:

Ayam lapis saus lemon, Thai mango salad, Italian calamari

Bagikan ke: