Tepung Tapioka

Lain-Lain

Tepung Tapioka adalah salah satu jenis tepung yang sering digunakan untuk memasak. Tepung tapioca terbuat dari pati yang diekstrak dengan air dari umbi singkong. Walau sama-sama terbuat dari singkong tepung tapioca berbeda dengan tepung singkong karena tepung singkong dibuat langsung dari singkong yang telah dikeringkan lalu ditumbuk dan diayak hingga menjadi bubuk. Selain itu tepung tapioka sangat mudah larut dalam air sementara tepung singkong tidak.

Dalam hal penggunaan tepung tapioca dalam memasak, tepung ini sering digunakan sebagai bahan pengental saus, saus atau campuran dalam adonan kue. Salah satu makanan yang menggunakan tepung tapioca sebagai bahan utamanya adalah bola-bola kenyal yang biasanya ada di dalam bubble tea.

Dibanding dengah tepung yang lain tapioca adalah tepung yang tergolong sangat aman dikonsumsi siapapun karena sama sekali tidak memiliki kandungan gluten atau biasa dikenal gluten-free. Sehingga orang yang memiliki alergi atau intoleransi terhadap gluten bisa mengonsumsi makanan dari tepung tapioca. Selain itu, karena terbuat dari sari pati singkong segar banyak peneliti yang yakin bahwa kandungan pada tepung tapioca berfungsi untuk mencegah tumbuhnya sel tumor.

Resep yang menggunakan tepung tapioca:

Saus Asam-Manis, Bubble Tea, Cenil, Kue Talam, dan Bakso

Bagikan ke: