• 250 gr udang bersihkan sisakan ekornya, belah punggungnya
  • 100 gr cumi2 potong bentuk cincin
  • 75 gr jamur merang/jamur kancing potong
  • 3 batang serai potong serong
  • 2 cm lengkuas potong tipis
  • 5 lembar daun jeruk lepaskan tulang daunnya *bs ditambah
  • 3 sdm kecap ikan
  • 10 biji caberawit merah potong2 atw tergantung selera
  • daun ketumbar cincang kasar minyak goreng untuk menumis 1,5 lt air / disesuaikan garam dan gula pasir secukupnya
  • 6 sdm air perasan jeruk nipis atw sesuai selera
  • 75 ml susu evaporated atw santan kental atw jika tdk suka d ignore aja ^_^ (aku gak pake)
  • untuk chili paste, bumbu yg dihaluskan; 10 bj cabe merah 6 bj bawang putih terasi secukupnya

didihkan air, sementara itu tumis bumbu yg dihaluskan, lalu masukkan k dlm air yg sedang dididihkan. kemudian masukkan jamur, serai, daun jeruk, lengkuas, kecap ikan, tunggu sesaat, setelah harum masukkan udang dan cumi, garam dan gula rebus sebentar saja agar udang dan cumi tdk alot. sesaat sebelum diangkat masukkan cabe rawit, susu evaporated/santan kental dan air perasan jeruk nipis lalu angkat taburi dngn daun ketumbar lalu hidangkan hangat2.

Sup ini enak banget disajikan sore hari saat santai sambil memandang hujan rintik2 hihihihihi,,,

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang resep di atas

Login untuk memberi komentar

Comment

Miftah Ozma

Hmm, enwak sekuali kaenya. Ntar kalo udh gajian, aku mo coba buat. Thanks yach bwat resepnya... :-)

May 13, 2011

Mira Kusumawati

enak kok sis, serasa di korea tp rasa indonesia hahahaha

May 14, 2011

Solikah

kayaknya enak ya sis, jd pengen cobain

May 14, 2011

Mira Kusumawati

boleh mbak, buruan masak ya buat menu besok ^^

May 14, 2011

Unie Ghasemi

ini makanan wajib kalo pergi ke thailand, tp belum pernah coba bikin sendiri....makasih resepnya, ntr aq coba bikin sendiri...^,^

May 15, 2011

Mira Kusumawati

unie: pasti lebih maknyos yg dr thailand hihihihi,,, soalnya bumbu2nya kan gak ada di sini. resep ini kira2lah sesuai ma lidah kita org ^^

May 16, 2011

-moxmox' Chocolate-

Thx info nya, ini masakan kesukaan aku

June 06, 2011