ADU RESEP 2013 - Kembung Rica-Rica Cah Kangkung

Makan Malam, Asia, Makanan Utama

Aprillia Arifiyanti

  • 17 800 gr ikan kembung 1 ikat kangkung, siangi 1 ruas jari kunyit ½ ruas jahe 4 butir kemiri sangrai ½ sdt ketumbar 2 lembar daun salam 2 lembar daun jeruk 8 buah cabe merah 1 buah tomat besar Terasi bakar Bawang merah Bawang

800 gr ikan kembung
1 ikat kangkung, siangi
1 ruas jari kunyit
½ ruas jahe
4 butir kemiri sangrai
½ sdt ketumbar
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
8 buah cabe merah
1 buah tomat besar
Terasi bakar
Bawang merah
Bawang putih
Gula
Garam
Minyak Goreng Filma
Margarine Filma

Cara membuat :
Bersihkan ikan lalu baluri dengan bumbu yang sudah dihaluskan (yang terdiri dari garam, ketumbar, kemiri, bawang putih, bawang merah, kunyit dan jahe) tambahkan sedikit airdan masukan daun salam dan daun jeruk lalu ungkep sebentar saja (sampai air meresap). Lalu goreng menggunakan minyak goreng Filma hingga kering, angkat dan sisihkan. Letakkan diatas piring saji.

Tumis irisan bawang putih, tomat dan bawang merah menggunakan filma margarin hingga harum, masukan terasi lalu kangkung gula dan garam, aduk sebentar hingga kangkung tak berarir. Setelah matang tata diatas ikan yang sudah di goreng.

Haluskan cabe merah, terasi bakar, bawang putih dan bawang merah lalu tumis dengan 2 sdm minyak goreng Filma. Tambahkan sedikit air, gula dan garam. Setelah meresap dan matang, siramkan perlahan diatas cah kangkung dan ikan. Siap untuk disajikan.

#Jika ingin lebih pedas tambahkan cabe rawit utuh yang ditumis.
#Kangkung bisa saja hanya dikukus sesaat tanpa perlu ditumis, tergantung selera.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang resep di atas

Login untuk memberi komentar