Cara Membuat :1.Isi : Rebus kacang merah hingga lunak, angkat tiriskan, haluskan. Masak kembali sambil tambahkan susu cair dan gula pasir, masak hingga berbentuk seperti selai atau pasta. Angkat lalu sisihkan.Dorayaki:1.Campur tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan garam. Aduk rata. Tambahkan telur, mentega, dan susu cair sedikit demi sedikit kemudian aduk hingga rata2.Panaskan cetakan kue Doryaki atau cetakan kue apem. Olesi dengan margarin.3.Tuang 2 sdm adonan ke dalam cetakan hingga ¾ tinggi cetakan. Biarkan hingga permukaannya berlubang-lubang. Masak hingga bagian bawah berwarna kecoklatan. Angkat lalu sisihkan.4.Tuangi kembali 2 sdmadonan ke dalam cetakan, tambahkan dengan 1sdm adonan kacang merah. Masak hingga bagian dasarnya agak kecoklatan dan matang kemudian tutup dengan dorayaki matang tanpa isi. Masak sebentar.5. Ulangi untuk sisa adonan. Sajikan .Untuk 20 BuahUntuk menambah variasi dapat juga digunakan toping lainnya sesuai selera, misal selai coklat, stoberi atau keju. Semoga bermanfaat . (mpd)

Dorayaki , kue panekuk yang berasal dari Jepang termasuk kue tradisional yang digolongkan sebagai Wagashi , terbuat dari adonan castella dan selai kacang merah. Kue yang dikenal sebagai camilan dari ikon kartun doraemon ini bebentuk bundar sedikit tembam, dibuat dari dua lembar penekuk yang direkatkan dengan selai kacang, hampir mirip lapisan. Dorayaki memiliki tekstur lembut karena adonan diberi sedikit madu agar terlihat mengkilap.

Pada mulanya, Dorayaki hanya memiliki satu lembar kue bundar dengan pinggiran yang dilipat sedikit nyaris berbentik segiempat kemudian di bagian tengan diberi selai kacang azuki. Kemudian perusahaan kue Usagiya memperkenalkan Dorayaki yang dibuat dari dua lembar adonan castella yang direkatkan lalu kue ini menjadi popular diseluruh Jepang. Diderah Kansai (Osaka) ,kue ini juga dikenal dengan nama Mikasa.

Dorayaki adalah makanan kesukaan Doraemon, kita semua tahu film kartun tersebut hanyalah imajinasi. Kue yang sering di lahap dengan semangat dalam film Doraemon memang menggiurkan terkadang kita ikut terbawa merasakan nikmatnya kue tersebut karena terlihat buntal dan padat dengan rasa yang agak manis tentu saja kita dapat menggambarkannya sebagaimana ilustrasi yang terlihat dilayar kaca. Terkadang anak-anak ikut terbawa suasana dan menginginkan kue tersebut bahkan dewasa sekalipun, rasanya ingin cepat menemukan dimana penjual kue Dorayaki. Dari berbagai referensi mungkin banyak ditemukan penjual Dorayaki di Jepang tapi kue ini juga cukup dikenal di Indonesia sebagai kue khas Doraemon. Nah jangan khawatir kita dapat membuatnya sendiri.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang resep di atas

Login untuk memberi komentar

Comment

Luluk Sri Wahyuni Ningsih

pengen myobain

January 09, 2014

Rinawati

doraemon punya....

January 25, 2014

Tags: