Sushi Makanan Khas Jepang

image/old/phpS7fM9C

Sushi, siapa yang tidak mengenal makan asal negri sakura ini adalah makanan Jepang dibuat dari nasi jepang ato yang biasa disebut gohan yang dibentuk bersama lauknya yang berupa ikan laut, daging atau sayuran baik mentah atau sudah dimasak. Rasa dari lauknya ini biasanya sudah asam karena dicampur dengan garam, cuka dan gula. Bentuk dari sushi juga beragam, ada maki sushi yaitu nasi yang digulung oleh nori atau rumput laut dan didalamnya terdapat lauknya. Ada pula nigiri sushi yaitu hanya berupa nasi yang dibentuk sederhana dengan dikepal tangan lalu diletakkan lauk diatasnya. Sedangkan gunkan sushi merupakan nasi yang dikepal lalu dibalut nori dan lauknya disimpan di atasnya.
1970-an sushi merupakan makanan yang bisa terbilang mewah. Masyarakat Jepang kalangan menegah bisanya hanya makan sushi jika mengadakan acara-acara khusus, dan pada masa tersebut terbatas sushi pesan-antar.

Dalam manga, sushi adalah makan yang dibawa oleh parah suami untuk menyogok para istri mereka jika sang suami sedah pulang dengan keadaan mabuk. Kaitenzushi adalah rumah makan sushi pertama yang dibuka pada tahun 1958 di Osaka, penyebarannya ke daerah-daerah lain di Jepang memakan waktu lama. Makan sushi sebagai acara seluruh anggota keluarga terwujud pada tahun 1980-an sejalan dengan makin meluasnya kaitenzushi.

Keberhasilan kaitenzushi mendorong perusahaan makanan untuk memperkenalkan berbagai macam bumbu sushi instan yang memudahkan ibu rumah tangga membuat sushi di rumah, dan bisa menjadikan makanan ini sebagai bekal makan untuk para anak di Jepang.
Jenis-jenis Sushi :

  • Nigiri sushi

Jika dilihat dari arti namanya, nigiri berarti mengepalkan tangan. Sushi jenis ini dibuat dengan cara mengepalkan bahan dengan tangan. Bentuknya bulat mengikuti kepalan tangan dan ukurannya pun biasanya sebesar kepalan tangan orang dewasa. Sushi jenis berasal dari periode Edo pada tahun 1800an.

  • Maki Sushi

Artinya adalah dililit atau digulung. Sushi jenis ini mempunyai ciri khas yaitu adanya nori atau rumput laut yang sudah berbentuk lembaran dan digunakan sebagai pembungkus sushi ini. Untuk membuat jenis ini anda harus menyiapkan sebuah gulungan seperti tikar bambu kecil untuk membentuknya.

  • Chirashi Sushi

Sushi jenis ini disajikan di atas piring atau mangkuk. Nasi yang sudah dibumbui kemudian ditaburi dengan berbagai macam lauk seperti makanan laut mentah ataupun matang dan juga telur dadar.

  • Oshi Sushi

Sushi berbentuk kotak ini memang dibuat dengan menggunakan cetakan khusus. Setelah selesai dibentuk, sushi ini dipotong-potong menjadi ukuran sekali suap. Sushi ini merupakan makanan khas dari daerah Kansai.

  • Nare Sushi

Kalau jenis yang satu ini adalah sushi yang difermentasikan. Bukan hanya lauknya yang fermentasi, tetapi juga nasinya ikut difermentasi.

  • Inari Sushi
Kalau Maki Sushi dibungkus dengan nori, sushi yang satu ini menggunakan kulit tahu sebagai pembungkusnya. Sebelum diisi nasi, kulit tahu ini diproses terlebih dahulu sehingga rasa dari sushi ini agak manis.


Komentar :

Silahkan masuk atau daftar dahulu untuk memberikan komentar

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.