Kitchen Hacks: Kehabisan Bahan Khusus saat Memasak? Yuk Gunakan Beberapa Produk Ini sebagai Penggantinya!

media/Week 4 Goreng (4).jpg

Anda tentu pernah dihadapkan pada masalah kesulitan mencari bahan masakan tertentu, entah karena bahan tersebut memang tergolong jarang ditemui atau karena telah habis di pasaran. Untuk mengatasinya, tentu Anda harus memikirkan bahan-bahan pengganti yang sekiranya dapat digunakan agar hasil masakan Anda tetap sempurna. Anda juga harus mempertimbangkan cita rasa yang akan dihasilkan bahan pengganti tersebut, jangan sampai hasil masakan Anda justru berubah menjadi kurang sedap. Berikut adalah beberapa bahan pengganti yang dapat Anda gunakan untuk membuat cita rasa masakan Anda tetap terjaga:

1. Gula, Garam, dan Udang sebagai Pengganti MSG
Tahukah anda kalau garam dan gula dapat membuat makanan lebih enak? Caranya cukup tambahkan sedikit gula dalam masakan anda. Perpaduan antara garam dan gula yang pas akan menghasilkan rasa gurih di lidah. Tapi jangan menambahkan gula berlebihan agar masakan tidak kemanisan, ya!Rasa gurih dari udang memang bisa secara langsung membuat makanan lebih enak dan mantap. Tidak heran terasi udang, ebi (udang kering) atau udang rebon pun sering digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan misalnya di sambal dan sayur asem.

2. Susu sebagai Pengganti Santan
Anda dapat menggunakan susu sebagai pengganti santan pada beberapa jenis masakan yang bercita rasa gurih, seperti gulai, soto, opor, dan beberapa sayur lainnya. Namun, untuk membuat masakan dessert yang cenderung manis seperti es cendol dan bubur sumsum, Anda tak dapat memakai susu karena justru akan merusak cita rasa menu Anda.

3. Kemiri sebagai Pengganti Kacang Almond
Kemiri merupakan salah satu bumbu yang yang berfungsi untuk mengentalkan makanan dengan aromanya yang khas. Hal ini juga merupakan salah satu keunggulan kacang almond yang memang sering digunakan untuk mengentalkan hasil masakan.

4. Cuka dan Susu sebagai Pengganti Buttermilk
Buttermilk memberikan efek rasa yang creamy dan gurih, terutama pada beberapa bahan masakan, misalnya ayam. Pada beberapa metode pengolahan ayam, buttermilk berguna untuk mengubah teksturnya menjadi tidak terlalu kering dan tetap juicy. Namun, buttermilk tergolong sebagai bahan yang sulit ditemukan. Untuk itu, Anda dapat membuatnya dengan campuran susu can cuka dengan perbandingan 4:1 dan diaduk merata selama 5-10 menit.

Bagaimana? Kitchen Hacks di atas sangat membantu jika bahan yang diperlukan mendadak habis, bukan? Selalu ingat bahwa Anda harus selalu memberikan yang terbaik yang berkualitas. Namun, untuk menciptakan hidangan yang berkualitas, pastikan Anda selalu memilih produk terbaik seperti FIlma Olive Oil, ya. Filma Olive Oil menjadikan hidangan untuk keluarga tetap lezat dan sehat.

Komentar :

Silahkan masuk atau daftar dahulu untuk memberikan komentar

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.