Intip Berbagai Sajian Natal Khas Kota Manado, Yuk!

media/Suka Masak Week 4 Desember (5).jpg

Kota Manado memiliki berbagai macam makanan khas natal yang selalu menggugah selera, mulai dari makanan utama hingga kudapan kecil yang tentunya sayang untuk dilewatkan. Beberapa menu khas Natal dari Kota Manado ini adalah Rica-Rica Ayam, Saut, dan Kue Klappertaart.

Menu ayam rica-rica sendiri memang sudah dikenal di berbagai daerah di Indonesia. Rica-rica dalam Bahasa Manado berarti ‘pedas’ atau ‘cabai’. Hal ini sesuai dengan cita rasa masakan itu sendiri, yaitu pedas dan berbumbu tajam. Umumnya, pada saat Natal, rica-rica disajikan dengan nasi jaha dan berbagai bahan pelengkap, semisal bawang goreng dan ketimun.

Sementara itu, nasi jaha adalah salah satu makanan khas Manado yang berbahan dasar beras ketan dan santan. Nasi jaha dibuat dari campuran beras ketan yang dibumbu dengan jahe. Setelah itu, adonan beras ketan tadi tadi diendapkan dengan perasan santan kelapa, untuk kemudian dimasukkan ke dalam bambu dan dipanggang. Cita rasa jahe yang kuat menjadikan nasi jaha sangat cocok dipasangkan dengan rica-rica ayam sebagai hidangan khas Natal.

Sajian Natal kedua yang berasal dari kota Manado adalah Sayur Saut. Saut adalah sayuran dari batang pisang muda yang merupaka sayuran favorit masyarakat Manado. Batang pisang muda ini diiris kecil-kecil dan diberi bumbu. Biasanya, sayur saut ini diberi campuran daging ayam atau daging babi. Saur saut umumnya disajikan pada perayaan-perayaan khusul, seperti Natal.

Sajian Natal terakhir dari kota Manado adalah Kue Klappertaart yang merupakan cake kelapa dengan campuran susu dan mentega. Klappertaart yang bercitarasa manis dan gurih ini menjadi penutup hidangan yang sempurna pada saat Natal.

Anda tertarik untuk mencoba membuat varian hidangan Natal ala Kota Manado? Yuk segera siapkan berbagai alat serta bahannya dan mulai berkreasi di dapur sekarang juga! Pastikan juga untuk menggunakan berbagai bahan berkualitas seperti Filma Olive Oil saat menumis Rica-Rica Ayam dan Palmboom Margarin untuk menyajikan klappertaart yang lezat. Tunggu apalagi? Sekarang saatnya Anda membuat suasana Natal lebih hangat dan akrab dengan sajian Natal ala Kota Manado!

Komentar :

Silahkan masuk atau daftar dahulu untuk memberikan komentar

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.