Tips Membuat Gorengan Crispy

media/Week 4 Goreng (1).jpg

Membuat hasil gorengan yang crispy dan renyah memang menjadi dambaan tiap orang. Adonan tepung yang renyah dan bahan isian yang tetap lembut tentu menjadikan cita rasa gorengan Anda menjadi sempurna. Meski demikian, tak jarang Anda harus menggoreng ulang untuk menjaga kualitas gorengan Anda agar tetap renyah. Namun, kalau Anda mengetahui beberapa trik di bawah ini, Anda tak perlu lagi cemas untuk bisa membuat gorengan yang renyah dan crispy!

1. Pastikan ukuran bahan makanan yang akan ditepung sama besarnya
Perhatikan ukuran bahan masakan yang akan Anda olah. Jangan sampai Anda membalurkan tepung dengan ukuran yang sesuai dengan bahan masakan Anda, seperti ikan, ayam, tahu, atau bahan lainnya. Pastikan tepung Anda tidak terlalu banyak atau sedikit karena hal ini akan mempengaruhi tingkat kerenyahan gorengan. Proporsi tepung dan bahan masakan yang sesuai akan membuat gorengan dapat matang dan garing secara mereka.

2. Tambahkan baking soda pada tepung
Ternyata baking soda dapat membuat gorengan Anda menjadi semakin renyah. Anda tinggal mencampurkan baking soda ke dalam adonan tepung kering bersama garam dan bumbu lainnya. Namun, satu hal yang perlu diingat adalah baking soda sangat rentan terhadap panas. Jadi, usahakan pada saat pencampuran adonan, gunakan air es atau minimal air suhu normal, serta jangan mengaduk adonan terlalu lama karena hal itu justru akan merusak fungsi dari baking soda itu sendiri.

3. Usahakan adonan tepung bersuhu dingin
Usahakan untuk menjaga adonan agar tidak berada pada suhu yang tinggi atau panas mengusahakan agar suhu adonan agar tetap dingin. Jika Anda menggunakan air hangat atau panas sebagai campuran adonan tepung, hal itu justru akan membuat gorengan yang Anda buat menjadi tidak renyah.

4. Cukup dua kali penepungan
Kadang saking ingin gorengan kamu renyah, kamu melapisi bahan makanan dengan adonan tepung berkali-kali. Padahal perlu diingat nih, sesuatu yang berlebihan itu nggak baik. Cukup lakukan dua kali penepungan saja, ya.

5. Goreng langsung setelah bahan dilumuri tepung
Setelah bahan makanan ditepungi, sebaiknya Anda langsung menggorengnya karena adonan akan menggumpal dan membuat gorengan menjadi lebih tebal. Gorengan dengan teoung yang tebal cenderung memakan waktu yang lama untuk matang dan menyerap minyak lebih banyak sehingga kurang nikmat disantap.

6. Perhatikan suhu minyak
Salah satu poin penting dalam membuat gorengan menjadi renyah dan crispy. Suhu terbaik untuk menggoreng adalah sekitar 170°C. Minyak yang terlalu panas hanya akan menyebabkan adonan tepung cepat gosong, sementara bahan masakan Anda sendiri masih belum matang.

Tertarik untuk segera mencoba membuatnya? Agar lebih lezat dan sehat, gunakan minyak goreng dari Filma Olive Oil untuk memberikan kualitas gorengan renyah yang terbaik. Filma Oilve Oil diproduksi dari bahan-bahan alami yang bermutu tinggi sehingga cita rasa sajian Anda akan selalu terjaga. Yuk, jadikan acara berkumpul bersama sahabat lebih seru bersama sajian gorengan renyah nikmat dari Filma Olive Oil!

Komentar :

Silahkan masuk atau daftar dahulu untuk memberikan komentar

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.