Cara Menyimpan Kemangi Agar Tahan lama

ag4.1.png

Sudah gak asing lagi kan Moms dengan daun yang satu ini?

Daun kemangi ini tidak hanya digunakan sebagai lalapan, tapi juga bisa sebagai campuran bahan masakan agar menjadi lebih wangi. Tapi selayaknya sayuran berdaun lainnya, kemangi juga mudah layu, apalagi jika terkena udara dan sinar matahari langsung. Untuk tetap menjaga kesegarannya, daun kemangi harus segera diolah setelah dibeli. Namun kalau membelinya dalam jumlah yang banyak, tentu sayang kan Moms jika cepat layu dan akhirnya malah dibuang. Jadi, lakukan cara-cara ini supaya daun kemangi yang Moms beli tetap awet!

1.Taruh di wadah tertutup dan berair

Sebagai solusinya, Moms bisa tetap menjaga kesegaran daun kemangi dengan menaruhnya di dalam wadah tertutup seperti toples, kemudian berikan sedikit air. Tapi sebelum menaruh kemangi, pisahkan kemangi dari daun-daun yang rontok terlebih dahulu. Kemangi tidak perlu dicuci menggunakan air jika ingin disimpan untuk jangka waktu yang lama, karena daunnya harus tetap kering. Lalu, ambil toples kaca atau wadah yang agak tinggi, isi dengan air bersih sampai menutupi batangnya, masukan kemangi ke dalamnya, dan tata di dalamnya supaya menyerupai bunga yang ada di dalam vas. Letakan di tempat yang sejuk dan tidak terlalu gelap.

2.Bekukan daun kemanginya

Selain disimpan seperti tanaman yang ada di dalam vas bisa juga disiasati dengan cara dibekukan untuk nantinya dicampurkan ke dalam bahan masakan.  Caranya, pisahkan daun kemangi dengan batangnya, lalu cuci bersih sampai kotorannya terangkat. Masukan daun kemangi ke dalam blender dan berikan sedikit minyak zaitun. Dengan mencampurkan minyak zaitun daun kemangi jadi tidak mudah busuk dan wanginya tetap harum Moms. Tuangkan kemangi yang sudah dihaluskan dalam wadah tertutup, lalu bekukan di dalam freezer. Kemangi yang disimpan dalam freezer bisa tahan sampai berbulan-bulan dan dapat digunakan kapanpun ketika ingin dimasak dan paling cocok untuk bahan masakan seperti salad, pasta, ataupun jenis masakan yang dipepes.

Jadi gak khawatir lagi kan Moms kalau membeli kemangi dalam jumlah yang banyak. Selamat mencoba! 

Komentar :

Silahkan masuk atau daftar dahulu untuk memberikan komentar

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.