Margarin dan Mentega? Apa sih bedanya?

mentega1.jpg

Mentega dan Margarine merupakan bahan yang cukup penting dalam pembuatan kue.

Jika dilihat secara sekilas, margarine dan mentega memang terlihat sama, tapi ternyata kedua bahan tersebut sangat berbeda dan tidak bisa disamakan lho, Moms. Mulai dari komposisi bahan, tekstur, hingga fungsi dan penggunaannya untuk memasak. Nah kalau Moms masih bingung bedanya margarine dan mentega, yuk simak info lengkapnya!

1. Bahan dasar pembuatannya

Perbedaan margarine dan mentega yang paling utama yaitu dari bahan dasar pembuatannya. Margarine dibuat dari lemak nabati seperti minyak sayur, air, garam, emulsifier dan sedikit memiliki lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh. Sedangkan mentega terbuat dari lemak hewani, seperti susu sapi, domba atau kambing.

2. Warna dan tekstur

Margarine memiliki warna kuning terang atau pekat, sedangkan mentega berwarna kuning pucat. Selain itu, tekstur dari margarine juga cenderung lebih lembut sedangkan mentega sedikit keras.

3. Kegunaan dalam masakan

Margarin dan mentega memang bisa digunakan untuk berbagai macam bahan masakan.  Biasanya masakan yang cocok memakai margarin adalah tumisan atau gorengan, karena jika dibandingkan dengan minyak goreng hasil gorengan atau tumisan lebih beraroma dan gurih. Sementara itu, penggunaan mentega lebih sering untuk membuat masakan daging seperti steak, walaupun Moms juga bisa memakainya untuk menumis sayur.

Sebenarnya, keduanya bisa digunakan untuk membuat kue Moms, tapi karena teksturnya berbeda, maka jenis kue yang dibuat juga harus  sesuai dengan kebutuhan ya Moms. Kue yang berbahan dasar margarin akan menghasilkan adonan yang lembut dan mengembang sempurna. Untuk kue yang menggunakan mentega akan menghasilkan adonan yang kurang mengembang, tapi bisa jadi renyah dan padat.

4. Keawetan

Nah, daya tahan dari kedua bahan makanan ini juga berbeda, Moms. Mentega dan margarine harus disimpan di kulkas supaya tahan lama dan tetap padat, tapi mentega lebih mudah basi dan tengik jika tidak disimpan dalam kulkas dibanding margarin karena bahan dasarnya lemak nabati.

Gimana Moms, sudah tahu kan perbedaan kedua bahan ini? Jangan sampai salah penggunaannya ya Moms. Selamat mencoba!

Komentar :

Silahkan masuk atau daftar dahulu untuk memberikan komentar

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.