Mengolah Ayam Kampung Agar Makin Lezat

f3.1.jpg

Jika Moms terbiasa mengolah ayam negeri, tidak ada salahnya kalau sekarang mencoba untuk mengolah daging ayam kampung.

Selain mempunyai kandungan yang lebih rendah lemak, daging ayam kampung juga punya cita rasa yang lebih gurih. Namun kebanyakan orang sering merasa kalau daging ayam kampung sangat susah diolah karena teksturnya mudah jadi alot dan keras dibandingkan daging ayam negeri, sehingga butuh waktu yang lama untuk memasaknya. Tapi tenang aja Moms agar ayam kampung buatan Moms lezat dan tidak alot, yuk ikuti tipsnya!

1. Memilih Ayam Kampung Muda

Sebelum memasaknya, pastikan ayam kampung yang akan diolah masih muda karena dagingnya lebih empuk, tidak terlalu alot, tebal, dan memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan ayam kampung yang sudah agak tua. Setelah memilih ayam, bersihkan dengan air mengalir yang mengalir sampai bersih ya, Moms.

2. Rebus dengan air kelapa

Setelah membersihkannya, rebus daging ayam kampung dengan takaran satu gelas air putih dan lebih banyak air kelapa muda agar dagingnya cepat empuk dan rasanya lebih gurih. Untuk merebusnya, akan lebih baik jika menggunakan panci presto ya Moms. Nah saat merebus harus benar-benar diperhatikan, jangan sampai ayam kampung menjadi terlalu matang karena bisa membuat dagingnya mudah hancur. Waktu terbaik untuk merebus ayam kampung adalah sekitar 10-15 menit. Begitu selesai, Moms bisa mengolahnya menjadi sop ayam kampung dan ayam pop, atau langsung menjadi topping untuk mie ayam kampung.

3. Rebus dengan bumbu kuning

Cara lain agar daging ayam kampungnya menjadi empuk dan mudah diolah adalah merebus dagingnya dengan bumbu kuning. Proses ini kerap disebut proses mengungkep. Agar ayam kampung jadi lebih lezat dan bumbunya meresap hingga ke dalam, sebelum digoreng siapkan bumbu ungkep yang terbuat dari rempah-rempah kuning terlebih dahulu untuk merendam ayam kampung agar bumbunya meresap. Rendam dan ungkep ayam kampung selama 1-2 jam sebelum diolah ya, Moms. Daging kampung yang sudah diungkep bisa Moms goreng langsung atau diolah lagi menjadi opor, kari, dan masakan ayam lainnya.

Gimana Moms tipsnya? Mudah dan praktis kan? Selamat mencoba!

Komentar :

Silahkan masuk atau daftar dahulu untuk memberikan komentar

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.