Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Menempel di Wajan

gorengikan3.jpg

Pernah mengalami kesulitan saat menggoreng Ikan, seperti minyak yang sangat meletup-letup dan ikan menempel di wajan?

Pasti Moms pernah mengalaminya, lalu gimana sih caranya supaya ikan tidak menempel di wajan saat digoreng? Karena jika ikan menempel di wajan bisa membuat daging ikan menjadi hancur dan teksturnya jadi keras. Tapi tenang, semuanya bisa diatasi dengan cara-cara berikut ini. Simak ya, Moms!

1. Panaskan wajan sebelum menggoreng

Sebelum menggoreng ikan, Moms harus memastikan wajan telah panas terlebih dahulu. Jangan menuangkan minyak sebelum wajan benar-benar panas ya Moms. Tuangkan minyak goreng dengan takaran yang banyak supaya ikan bisa mengambang dan nggak menyentuh ke dasar wajan. Kemudian pastikan tunggu sampai minyak panas dan berbuih. Kalau sudah cukup panas, Moms bisa memasukan ikan kedalam penggorengan. Jangan terlalu sering membolak-balik ikan ya, tunggu beberapa menit jika ingin dibalikkan.

2. Celupkan ikan ke dalam adonan telur

Untuk ikan yang mempunyai duri lunak, ada kesulitan tersendiri pada saat menggorengnya karena ikan seperti ini mudah sekali hancur. Apalagi kalau digoreng terlalu lama. Nah untuk menyiasatinya Moms bisa celupkan ikan ke dalam adonan kocokan telur yang berfungsi sebagai pelapis agar tidak hancur pada saat digoreng. kalau tidak ingin menggunakan telur, Moms bisa menggorengnya dengan api yang kecil agar ikan matang merata.

3. Menggoreng ikan besar dengan benar

Besar dan kecilnya ukuran juga bisa menentukan cara terbaik untuk menggorengnya, Moms. Kalau ingin membuat ikan goreng yang garing, tidak mudah hancur serta menarik untuk disajikan, gunakan saja jenis ikan gurame. Selain bisa diolah dalam berbagai menu masakan, ikan gurame juga bisa digoreng garing dengan bentuk ikan terbang. Cara membuatnya sangat mudah lho, Moms. Caranya, belah kedua sisi ikan gurame dari bagian ekor sampai ke kepala, tapi hati-hati jangan sampai putus ya. Lalu lapisi dengan tepung maizena agar ikan gurame lebih renyah dan mengembang sempurna saat digoreng.

4. Beri perasan lemon/jeruk nipis ke dalam minyak panas

Minyak suka meletup-letup saat memasak ikan? Jangan khawatir, Supaya minyak tidak meletup-letup saat menggoreng ikan, Moms bisa menambahkan sedikit perasan lemon/jeruk nipis ke dalam minyak yang sudah panas. Jika tidak ada lemon/jeruk nipis, Moms bisa menambahkan sedikit garam, setelah itu masukan ikan dan tunggu sampai ikan matang berwarna kuning kecoklatan.

Jadi sekarang udah tahu kan Moms rahasianya memasak ikan? Nah udah nggak perlu khawatir lagi Moms saat memasak ikan. Pastikan ikan yang Moms olah matang sempurna dengan warna kuning kecoklatan dengan Minyak Goreng Filma yang sudah teruji kualitasnya. Selamat mencoba!

Komentar :

Silahkan masuk atau daftar dahulu untuk memberikan komentar

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.