Suka Memasak Santan? Simak Hal Berikut!

santan2.jpg

Santan jadi bahan masakan yang sangat penting untuk beberapa masakan Indonesia. Fungsi santan adalah menambah cita rasa gurih pada masakan dan membuat rasanya menjadi nikmat. Tapi masih banyak lho yang belum tahu cara memasak santan dengan benar.

Santan yang diolah dengan cara yang salah bisa jadi pecah dan membuat rasa masakan jadi tidak kuat, tidak  gurih dan aroma harum khas santan gak akan keluar. Tidak hanya itu, santan yang rusak atau pecah bisa membuat tampilan masakan jadi gak menarik karena santan akan menggumpal dan tidak menyatu dengan kuah masakan. Apalagi kalau Moms membuat opor ayam, soto atau sayur lodeh, Moms harus ekstra hati-hati dalam mengolah dan memasak santan.  Jadi, ikuti tips-tips menggunakan santan ini ya Moms!

1. Pilih kelapa tua dengan daging tebal

Jika ingin membuat santan sendiri, pastikan Moms membeli kelapa yang sudah tua serta daging buahnya tebal agar santan yang dihasilkan kental dan gurih. Kelapa yang dagingnya masih muda teksturnya lebih empuk, sehingga rasanya kurang kuat dan teksturnya sulit diparut.

2. Parut kelapa dan campur dengan air hangat

Setelah memilih kelapanya, kupas kulit kelapa yang berwarna coklat dan sisakan daging buahnya saja yang berwarna putih, kemudian parut sampai halus. Lalu, tuangkan 500ml air hangat ke dalam parutan kelapa per satu buah kelapa parut agar santannya jadi tahan lama. Aduk hingga rata dan diamkan selama 3 menit sampai air menyerap pada kelapa parut, baru peras menggunakan saringan sambil ditampung dalam wadah yang bersih.

3. Masak santan dengan api kecil

Kalau dirasa santan sudah cukup kental, segera masukan santan kental dalam panci lalu masak sambil diaduk dengan api yang kecil agar santannya tidak pecah. Aduk santan sampai mendidih, lalu langsung matikan kompor dan tuangkan santan setelah agak dingin. Cara ini berguna untuk menjaga aromanya supaya tetap wangi dan membuat teksturnya makin baik.

Buat Moms yang masih bingung gimana caranya memasak santan agar tidak pecah dan matang sempurna, semuanya sudah terjawab kan? Jadi gak bingung lagi deh, selamat mencoba Moms!

Komentar :

Silahkan masuk atau daftar dahulu untuk memberikan komentar

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.