Taklukkan Pare yang Pahit dengan Cara Berikut!

pare2.jpg

Sayuran berwarna hijau dengan tekstur kulit yang kasar dan penuh tonjolan ini memang terkenal dengan rasa pahitnya, Moms. Selain itu, pare juga memiliki rasa getir yang membuat kebanyakan orang jadi tidak ingin menyantapnya.

Tapi tidak sedikit juga yang menyukai si pahit yang satu ini. Bagi Moms pecinta pare, tidak perlu khawatir karena rasa pahit dan getir dari sayuran ini ternyata baik dan banyak mengandung vitamin juga mineral. Bila memang rasa pahitnya bikin gak tahan, lakukan saja 3 cara berikut ini untuk mengurangi kepahitannya!

1. Memilih ukuran dan warna pare yang benar

Jenis dan ukuran pare ternyata berpengaruh juga dengan rasa pahitnya lho, Moms. Jika Moms ingin mengolah pare, ada baiknya untuk memilih pare dengan ukuran yang tidak terlalu besar, karena semakin besar ukuran pare, maka semakin pahit juga rasa yang dihasilkan dari pare tersebut. Setelah memilih ukurannya, pilih pare yang berwarna hijau muda belum matang karena pare yang matang biasanya memiliki rasa yang jauh lebih getir dan pahit, Moms.

2. Buang biji pare dan Remas dengan garam atau gula pasir

Sebelum dimasak, cuci bersih pare dan belah menjadi dua bagian. Kemudian buang biji pare bersamaan dengan selaput putih yang menempel pada bagian daging pare. Nah apapun olahan pare yang ingin Moms buat, pastikan selalu mengiris pare dengan tipis, kemudian taburi garam dan remas-remas agar garam meresap dan mengurangi rasa pahitnya. Selain memakai garam, Moms juga bisa meremasnya dengan gula. Setelah itu diamkan sebentar sampai pare agak layu dan selanjutnya cuci kembali hingga bersih dengan air yang mengalir.

3. Rebus dengan daun jambu biji

Merebus pare dengan daun jambu biji bisa sangat membantu untuk menghilangkan rasa pahit dan getir yang ada pada pare. Sebelum pare direbus dengan jambu biji, terlebih dahulu remas-remas daun jambu yang sudah disiapkan hingga hampir halus. Rebus pare bersama dengan daun jambu biji selama 5 menit atau sampai pare jadi setengah matang. Jika Moms memasak 1/2 kg pare, maka rebus pare menggunakan 10 lembar daun jambu biji. Dengan merebus pare dengan daun jambu biji, rasa pahit dan getir dari pare bisa berkurang sehingga lebih sedap untuk disantap.

Tapi perlu diingat, rasa pahit dan getir dari pare tidak bisa sepenuhnya hilang Moms. Tapi setidaknya, pare masih bisa disantap dengan rasa yang tidak terlalu pahit. Nah mudah kan Moms untuk dicoba? Selamat mencoba!

Komentar :

Silahkan masuk atau daftar dahulu untuk memberikan komentar

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.