Tips Memasak cumi agar rasanya lebih lezat, ini dia caranya!

pasted image 0 (7).png

Cumi-cumi jadi hidangan laut yang tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Menyantap cumi-cumi tidak perlu harus pergi ke restoran seafood kok, Moms. Moms bisa mengolah sendiri dengan berbagai macam resep.

Tapi moms tau nggak sih jika ingin cumi-cumi yang Moms masak terasa lebih nikmat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan? Nah agar olahan cumi yang Moms buat hasilnya sempurna, yuk ikutin caranya!

1. Memilih cumi yang masih baik

Ketika membeli cumi, pastikan selalu memilih cumi yang masih segar dan utuh. Cara memastikan bahwa cumi tersebut masih segar atau tidak, Moms harus pastikan cuminya berwarna putih kelabu dengan bintik-bintik kemerahan dan matanya terlihat jernih. Pastikan juga bagian kepala dan tubuhnya masih menyatu.

Setelah itu tekan bagian tubuh cumi-cumi. Jika dagingnya terasa kenyal dan kemungkinan mengeluarkan tinta, tandanya cumi tersebut masih segar. Selain itu, pastikan bau cumi tidak menyengat. Cumi yang masih segar memiliki bau khas amis laut, tapi tidak menyengat. Hindari juga membeli cumi dalam keadaan yang terendam di dalam air, dengan warna yang sudah berubah menjadi ungu tua serta tentakel berwarna kekuningan, karena cumi itu bisa jadi telah diawetkan.

Nah jika ingin membeli cumi yang sudah beku, pastikan warna dan ciri-ciri yang lainnya masih sama seperti cumi yang masih segar ya Moms!

2. Bersihkan sebelum dimasak

Sebelum dimasak, jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu. Pertama-tama cabut kantong tinta yang menempel pada bagian dalam tubuh cumi secara perlahan agar tinta cumi tidak pecah dan berceceran ke dagingnya. Lalu, cabut tulang yang menempel pada bagian dagingnya ya, Moms. Kalau ingin cumi terlihat lebih bersih dan menarik, Moms bisa mengupas kulitnya yang berwarna kemerahan, sehingga tampilan cumi akan berwarna putih polos. Setelah itu cuci bersih cumi dengan menggunakan air yang mengalir.

3. Memasaknya agar tidak amis dan alot

Sudah dicuci berkali-kali tapi kok cumi tetap berbau amis? Tenang Moms, semuanya bisa diatasi dengan parutan jahe, perasan air jeruk nipis atau air perasan asam jawa. Lumuri cumi yang sudah dibersihkan dengan salah satu bahan tersebut, kemudian diamkan selama 5 menit agar meresap dan bau amisnya hilang. Setelah itu cuci kembali cumi hingga bersih.

Selain itu, pastikan cumi yang dimasak tidak keras dan alot. Kuncinya ada pada berapa lama waktu memasak. Idealnya cumi dimasak selama 5 menit dengan api besar karena jika lebih dari itu dagingnya akan terasa alot. Kalau ingin cumi direbus terlebih dahulu sebelum dimasak, pastikan merebusnya dengan waktu yang sebentar, kemudian langsung masukan cumi ke air dingin dengan es batu agar daging cumi tidak alot.

4. Bentuk cumi sesuai selera

 

Karena teksturnya yang cukup kenyal, seringkali Moms atau keluarga kesulitan dalam menyantap cumi. Nah agar cumi lebih mudah disantap, Moms bisa memotong cumi dengan bentuk bulat cincin. Dengan bentuk bulat cincin, cumi akan lebih mudah disantap karena seukuran dengan satu kali suapan. Atau jika ingin menyajikan cumi dengan bentuk yang utuh, Moms bisa juga mengkerat tubuh cumi dengan bentuk kotak-kotak tipis agar terlihat lebih menarik.

Nggak sulit kan Moms memasak cumi agar mendapatkan hasil akhir yang lezat, tidak alot dan tidak berbau amis? Selamat mencoba!

Komentar :

Silahkan masuk atau daftar dahulu untuk memberikan komentar

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.