Tips Mengolah Daging Sapi Agar Empuk!

pasted image 0.png

Moms suka memasak daging sapi?

Memasak daging sapi memang lumayan tricky karena dagingnya cenderung alot dan harus direbus lumayan lama agar empuk. Tapi nggak perlu khawatir Moms, ternyata nggak perlu lho merebus daging terlalu lama karena kurang efektif dan bisa membuat tekstur daging menjadi alot seperti karet. Intip tips-tips ini supaya mengolah dagingnya lebih mudah, Moms!

1. Potong berlawanan arah dari seratnya

Banyak faktor yang bisa membuat daging jadi tidak empuk ketika dimasak, salah satunya kesalahan pada saat memotong daging. Cara memotong daging yang benar ternyata sangat berpengaruh lho Moms, apalagi kalau mengolahnya dalam jumlah yang banyak.

Kunci utama memotong daging ialah memotong daging sesuai ukuran yang diinginkan dan sayatannya berlawanan dari arah seratnya. Dengan teknik memotong seperti ini, bisa membuat seratnya tidak mudah menyatu saat dimasak sehingga daging akan cepat empuk dan teksturnya pun jadi tidak alot.

2. Pukul-pukul daging

Memukul daging sebelum dimasak memang terdengar agak janggal, tapi ternyata cara ini sudah banyak dilakukan agar daging bisa empuk dengan cepat ketika dimasak, lho Moms. Moms hanya perlu menyiapkan alat pemukul yang banyak dijual di pasar, namun jika Moms tidak sempat membelinya bisa juga menggunakan rolling pin yang berbahan kayu. Selain itu, siapkan juga talenan sebagai alas.

Pukul semua sisi daging secara merata sampai tekstur daging sedikit lebih empuk. Jangan terlalu keras ya Moms karena bisa membuat daging menjadi hancur dan serat-seratnya malah jadi berantakan. Cukup pukul secara perlahan kurang lebih selama 5 menit. Setelah itu jangan lupa dibumbui ya.

3. Bungkus dengan daun pepaya

Kalau cara yang satu ini, sepertinya sudah jadi rahasia turun temurun yang memang ampuh Moms. Daun pepaya mengandung zat papain yang bisa membuat daging menjadi empuk, cocok untuk olahan daging bakar seperti sate atau steak BBQ. Caranya sangat mudah dan cepat kok Moms, pertama ambil beberapa lembar daun pepaya muda, kemudian remas daun tersebut hingga mengeluarkan getah. Setelah itu, gunakan daun pepaya tersebut untuk membungkus daging selama 30 menit. Jika sudah, jangan lupa cuci bersih dagingnya ya Moms.

4. Oles daging dengan buah nanas atau kiwi

Buah nanas dan kiwi juga bisa membuat daging jadi empuk lho. Jika moms ingin menggunakan buah nanas, caranya adalah dengan memilih nanas yang masih muda, lalu parut hingga halus. Setelah itu balurkan nanas tersebut pada daging dan diamkan selama 30 menit.

Jika moms ingin menggunakan buah kiwi, caranya juga mudah kok, Moms. Hancurkan satu buah kiwi sampai halus, lalu oleskan pada potongan daging. Untuk 1kg daging biasanya memerlukan 1-2 buah kiwi ya, Moms. Tapi perlu diingat, dengan mengoleskan daging dengan buah nanas maupun kiwi, prosesnya agak lama Moms. Daging harus didiamkan 1-2 jam sebelum dimasak.

Nah sekarang sudah tahu kan acara mengolah daging agar empuk? Tingkat keberhasilan dalam mengolah daging sapi terlihat pada teksturnya yang lembut dan mudah dicerna. Nggak susah kan untuk mendapatkan tekstur daging yang empuk dengan waktu yang singkat? Selamat mencoba Moms!



Komentar :

Silahkan masuk atau daftar dahulu untuk memberikan komentar

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.