Dari Pemula Menjadi Pro!

Admin Sukamasak

Buat yang sudah jago, memasak adalah sesuatu yang mudah. Mencoba berbagai macam resep adalah suatu hal yang menyenangkan. Namun bagi para pemula di dunia masak, kegiatan yang satu ini bisa jadi merepotkan. Pada akhirnya, keinginan untuk belajar masak akan hilang total. Sebagai solusinya, kami menghadirkan langkah-langkah sederhana untuk membimbing Anda yang baru di dunia masak-memasak.

  • Kenali ‘Teman-Teman’ Anda Di Dapur
Pertama, ada baiknya Anda mengenal semua bahan masakan dan perkakas dapur yang akan anda gunakan. Cari tahu jenis-jenis bumbu dapur yang sering dipakai untuk memasak dan cara pengolahannya (e.g. diiris, ditumbuk, digeprek). Penting juga untuk mengetahui cara memakai semua peralatan masak di dapur Anda. Jangan sampai resep paling enak sedunia yang sudah Anda siapkan gagal dibuat hanya karena Anda tidak tahu perbedaan antara jahe dan kencur atau kegunaan dari alat-alat masak Anda.

  • Mulai Dengan Resep-Resep Sederhana
Setelah Anda dapat secara fasih mengenali semua perangkat masak dan bumbu dapur yang umum, Anda sudah bisa mencoba resep-resep masakan. Mulailah dengan hidangan yang simpel terlebih dahulu seperti nasi goreng, tumisan, atau sayur bayam. Setelah Anda menguasai resep-resep mudah,silakan melanjutkan ke resep yang agak lebih sulit, dan seterusnya. Jadi, salah satu kunci untuk dapat menjadi pemasak handal adalah kesabaran.

  • Practice Makes Perfect
Jangan ragu-ragu untuk mencoba berbagai macam resep karena inilah bentuk latihan dalam memasak. Jangan takut juga untuk bereksperimen dengan macam-macam bahan karena siapa tahu Anda bisa menemukan resep andalan Anda sendiri. Minta orang-orang di sekitar Anda untuk mencicipi masakan Anda dan memberikan komentar yang jujur. Juga jangan malu untuk bertanya pada orang yang lebih lihai karena tidak semua hal yang berbau “rahasia” bisa Anda dapatkan di dalam buku resep.

Ternyata tidak susah kan belajar memasak? Tentunya semua tips di atas tidak akan berhasil jika kegiatan memasak Anda tidak dibarengi dengan kemauan dan motivasi yang kuat. Happy Cooking! :)

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar

Comment

Admin Sukamasak

komentar di artikel tips ini!

September 20, 2010

Dias Yummy

habis masak dapurnya jangan lup dibersihin ya..... hehhe nice article thnx

February 28, 2011

Devita

pngn nyoba resep2 baru, tp kadang mls klo terlalu bnyk bumbu ^^

July 25, 2013

Budi Astuti

@devita : gak boleh males donkk... haruss semangat donk.

September 28, 2013