Tips Agar Kue Tidak Bantet

Admin Sukamasak

Salah satu tantangan dalam membuat kue adalah membuatnya mengembang. Banyak dari kita yang sudah menggunakan pengembang tapi kue yang ingin dibuat tetap bantet atau tidak mengembang.

  • Beruntung kami punya beberapa tips jitu yang bisa dicoba untuk mendapatkan bentuk kue yang diinginkan:
  • Pastikan peralatan masak yang digunakan benar-benar kering dan tidak berminyak karena apabila adonan telur tercampur dengan minyak, adonan akan sulit naik dan akhirnya menjadibantet.
  • Siapkan semua bahan dalam keadaan segar dan berada pada suhu ruangan sehingga adonan dapat mengembang sempurna.
  • Pastikan adonan terkocok hingga menjadi putih dan kental. Untuk memastikan kekentalannya, gunakan spatula karet untuk mengambil sedikit adonan. Pastikan adonan menempel pada spatula dan tidak mudah jatuh.
  • Setelah adonan kental sempurna, ayak tepung di atas adonan dan campurkan ke dalam adonan secara perlahan-lahan. Usahakan arah adukan searah atau pastikan Anda mengaduk hingga menyentuh dasar tempat adonan agar tepung menyatu dengan sempurna.
  • Jika ingin mencampurkan mentega cair, jangan lakukan ketika mentega masih panas. Diamkan dulu beberapa menit hingga mencapai suhu ruangan, lalu campurkan ke dalam adonan perlahan dan aduk dengan rata. Mentega yang tidak tercampur dengan rata bisa membentuk lapisan di bawah kue sehingga kue bisa menjadi bantet.
  • Khusus untuk butter cake, terkadang putih telur harus dikocok terpisah. Oleh karena itu, ketika dicampur, pastikan putih telur tercampur dengan rata dan jangan sampai menggumpal karena akan menyebabkan kue berongga besar dan akhirnya menjadi bantet.
  • Untuk mendapatkan tekstur kue yang lembut, kocok adonan telur dengan kecepatan sedang dan gunakan telur yang segar dengan suhu ruangan (jangan gunakan telur yang baru dikeluarkan dari kulkas).
  • Pastikan oven sudah cukup panas sebelum adonan dimasukkan karena oven yang dingin atau kurang panas akan menyebabkan kue turun sebelum sempat mengembang.
  • Jangan buka oven hingga paling tidak ¾ waktu pemanggangan sehingga waktu pengembangan kue tidak terganggu. Dengan tips-tips di atas, tidak perlu khawatir lagi kue buatan Anda akan bantet. Ayo praktekkan sekarang dan nikmati kue yang mengembang sempurna buatan Anda. Selamat membuat kue!

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar

Comment

Dias Yummy

selain yang di atas, kalau saya tidak menambahkan garam ke adonan bolu agar tidak bantat hasilnya (kadang2 dalam resep kue bolu ada yang menyuruh menambahkan garam 1 sdt)

February 28, 2011

Santy Hasanah

hmmmm berguna banget tipsnya... karna masih belajar jd sering bantet ni . tq yaa

May 16, 2011