MAKANAN APHRODISIACS, PERCAYA ATAU TIDAK ?

Ria Prapto

Pernah dengar istilah “Makanan Aphrodisiac”. Pasti pernah dong ya ? Di berbagai media seperti majalah, koran, tabloid, internet dan juga TV sering sekali kita membaca dan dengar tentang jenis-jenis makanan yang konon bisa membangkitkan gairah, khususnya untuk kaum adam. Malah dalam sebuah buku karya Syeikh Nefzawi yang bertajuk The Perfume Garden atau dapat diartikan Taman Wewangian ini disebutkan beberapa ramuan khusus untuk membangkitkan keperkasaan pria.

Wah, kalau memang benar, sebagai istri yang baik, pastinya ingin mempelajari jenis makanan yang bisa diolah untuk kepentingan tersebut, yang tentunya untuk kebahagiaan rumah tangga kita juga. Tapi dari banyak pembicaraan yang saya ikuti di milist dan forum, ternyata beberapa makanan jenis ini seperti: Terong, Pare, Coklat, Kerang, Asparagus, Pisang, Alpokat daging kambing dll, tidak bisa di claim secara mutlak bisa ‘menuntaskan’ segala permasalahan yang berkaitan dengan libido kaum pria.

Tidak ada kebulatan suara baik dari kaum awam atau dari para ahlinya sendiri, yang kerap mempergunakan kata “Barangkali” atau ‘Diyakini” dalam menerangkan jenis makanan aphrodisiac ini. Jadi kesimpulannya, mungkin jenis makanan aphrodisiac memang mengandung jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk meningkatkan stamina tubuh. Tapi mengenai claim bisa ‘membangkit’kan gairah seks kaum pria, sepertinya berpulang pada keyakinan masing masing karena banyak mitos yang ternyata masih dipercaya turun temurun untuk hal ini. Bisa jadi karena terlalu percaya maka bisa membangkitkan kepercayaan diri dan pada akhirnya keperkasaan diri :-) Berikut beberapa jenis makanan ‘Aphrodisiac” yang “diyakini” bisa membangkitkan gairah dan stamina kaum pria dan wanita, yang saya kutip dari berbagai sumber.

SELEDRI Sayuran yang kerap kita jumpai pada menu sop ini merupakan sumber makanan yang bisa meningkatkan rangsang seksual. Karena seledri mengandung senyawa androsterone, hormon tanpa bau yang keluar melalui keringat pria. Hormon ini ‘diyakini’ bisa membuat wanita terangsang.

TIRAM MENTAH Tiram dikenal sebagi makanan laut yang kaya akan zat besi, yang bisa menaikkan jumlah sperma dan produksi testosterone. Selain itu juga mengandung dopamine, hormon yang ‘diyakini’ bisa menaikkan gairah seksual kaum pria.

PISANG Pisang mengandung enzim bromelain, yang ‘dipercaya’ bisa menaikkan dan memperbaiki libido lelaki. Sebagai buah tropis, pisang merupakan sumber potassium dan vitamin B seperti riboflavin, yang bisa meningkatkan energi tubuh.

ALPUKAT Alpukat mampu menurunkan risiko stroke dan serangan jantung, karena alpukat merupakan satu-satunya buah yang kaya lemak, bahkan kadarnya lebih dari dua kali kandungan lemak dalam durian. Kemampuan ini diperkuat oleh kandungan betakaroten, klorofil, vitamin E, dan vitamin B-kompleks yang berlimpah dalam alpukat. Karena bentuknya mirip lekuk tubuh wanita maka sering ‘diyakini’ memiliki esensi meningkatkan stamina seks.

COKLAT Tak heran coklat sering di jadikan hadiah untuk pacar atau pasangan. Selain rasanya manis dan mudah dibentuk sesuai selera, ternyata coklat mengandung unsur ‘kimia cinta’ yang akrab dipanggil phenylalanine. Wah, ternyata ada ya ‘kimia cinta’ pasti dalam susunan berkala kimia diwakilkan dengan tanda ‘love’ :-) dan sekali lagi ‘dipercaya’ berkhasiat memperbaiki libido dan membangkitkan mood bahagia.

ASPARAGUS Jika tiram sangat ampuh memacu libido para pria, lain lagi dengan asparagus yang justru ampuh membangkitkan gairah bercinta para wanita. Karena sayuran ini memiliki symbol alat vital para pria! Dan tentunya kaya nutrisi seperti vitamin E, potassium, serta fosfor yang bukan hanya ampuh meningkatkan energi, tapi juga bias menambah ‘kebenaran’ para wanita. Percaya pada symbol atau kandungan nutrisinya ? :-)

ALMOND Kacang almond merupakan sumber utama asam lemak yang penting dalam produksi hormone pria yang sehat. Selain itu, aroma almond ‘diyakini’ dapat meningkatkan rangsangan pada wanita. Titik permasalahannya adalah menyatukan dua anatomi yang berbeda. "Pria selalu mau tapi tak selalu bisa.

Wanita selalu bisa tapi tak selalu mau" Tinggal bagaimana menyatukan 'titik temu' untuk sama sama mau. Apa hanya dari makanan ? Sepertinya setiap orang punya kiat dan siasat yang berbeda tergantung kebutuhan dan pengalaman masing masing kan ?

Nah, semua berpulang pada keyakinan yang kita punya. Percaya atau tidak dengan banyak jenis makanan aphrodisiac ini, tentu akan sangat bijaksana bila mitos yang berkembang kita kolaborasikan dengan pengetahuan yang bisa dibuktikan secara medis. (rj)

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar

Tags: