Buat Kue Kering Sendiri Yuk!

Admin Sukamasak

Hari raya memang identik dengan suguhan berbagai macam kue kering seperti nastar, kastengel, putri salju, dan lain-lain. Tapi ternyata, membuat sajian lezat ini gampang-gampang susah, lho! Ikuti tips-tips berikut agar sukses membuat kue kering yang enak dan renyah:

  • - Untuk mendapatkan kue yang renyah, sebaiknya gunakan tepung terigu yang sudah disangrai atau jemur tepung terigu di bawah terik matahari agar kering.
  • - Saat memasukkan tepung terigu pada adonan, lakukan secara sedikit demi sedikit. Kelembapan tepung terigu yang berbeda dapat menjadikan kue keras dan tidak renyah.
  • - Saat menyatukan mentega ke dalam adonan, jangan mengocoknya terlalu lama. Cukup kocok beberapa saat sampai semua bahan tercampur rata. Dengan begitu, adonan tidak menjadi terlalu lembek dan mudah dicetak.  
  • - Jangan gunakan telur yang baru dikeluarkan dari lemari es untuk membuat adonan. Biarkan telur beberapa saat hingga mencapai suhu ruangan setelah dikeluarkan dari lemari es.
  • - Trik lain mendapatkan kue yang renyah adalah dengan memperhatikan teknik menguleni adonan. Agar tidak keras, sebaiknya uleni adonan dengan cara meremas adonan perlahan dengan jari-jari, tanpa menekannya terlalu keras. Lebih baik lagi apabila adonan diuleni dengan sendok kayu. Selalu ingat untuk menguleni adonan secukupnya dan jangan terlalu lama.
  • - Jika setelah diuleni adonan masih terasa lembek, jangan menambahkan tepung terigu lagi. Namun coba keraskan adonan dengan cara membungkus adonan dalam plastik, lalu masukkan ke dalam lemari pendingin selama 1-2 jam hingga adonan agak mengeras dan dapat dicetak.

Setelah membaca tips-tips di atas, sekarang Anda sudah siap kan mengolah aneka resep kue kering? Ayo tunggu apalagi! Rayakan Natal dan Tahun Baru dengan kue kering buatan sendiri yuk ;)

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar