Tips Memasak Cumi-cumi

Admin Sukamasak

Bagi Anda pencinta masakan laut, cumi-cumi biasanya menjadi menu wajib bagi Anda. Binatang laut yang tidak bertulang belakang ini adalah salah satu makanan laut yang paling digemari setelah ikan dan udang. Bukan hanya karena dagingnya yang lezat, cumi juga banyak diminati karena kaya akan protein yang baik bagi tubuh.Dalam mengolah cumi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, mulai dari proses memilih, membersihkan hingga memasaknya. Cara memasaknya susah-susah gampang memang, namun setimpal dengan rasanya yang lezat! Agar berhasil memasak cumi, berikut beberapa tipsnya;

•Memilih cumi segar

Pastikan mata cumi masih jernih, kulit arinya belum rusak, dagingnya padat, kenyal dan tidak berwarna kemerahan. Perhatikan juga baunya! Pilih cumi yang baunya masih segar, seperti bau ikan segar.

•Membersihkan cumi

Biasanya, saat membeli cumi di pasar, kita bisa meminta cumi agar dibersihkan. Namun, tidak ada salahnya jika Anda membersihkan sendiri di rumah, terutama jika Anda menginginkan tintanya. Namun hati-hati, karena jika tidak berhati-hati kantung tinta ini bisa pecah.Langkah pertama membersihkan cumi, adalah pisahkan bagian kepala dan badan cumi dengan menariknya perlahan. Buang kulit arinya, kemudian masukkan telunjuk ke dalam kantung tubuh cumi dan tarik keluar kotoran yang ada di dalamnya yang berbentuk bulatan kecil. Saat memasukkan jari ke dalam tubuh cumi, Anda juga akan menemukan tulang rawan di tengah punggung.Tariklah tulang rawan tersebut. Setelah selesai, cuci bagian dalam badan cumi di bawah air mengalir hingga benar-benar bersih.

•Memasak cumi

Dalam memasak cumi, yang harus diperhatikan adalah lamanya memasak. Cumi harus dimasak dalam waktu yang sangat singkat atau sangat lama. Jika di antara waktu itu, daging cumi akan terasa keras seperti karet. Jika Anda memasak dengan suhu tinggi, dua menit sudah cukup. Lebih dari itu, butuh waktu minimal 30-60 menit agar cumi menjadi empuk kembali.Untuk pengolahan secara umum, Anda bisa memasak cumi dengan cara memasukkan cumi bersih ke dalam wajan,lalu taburkan sedikit garam dan gula pasir, nyalakan api kecil, dan tutup wajan. Tak lama kemudian, cumi akan mengeluarkan air. Setelah airnya surut, tuangkan sedikit minyak goreng. Bolak-balik hingga airnya betul-betul kering.Nah, tunggu apalagi para penyuka masak? Yuk siapkan bumbu dan resep masak andalan Anda untuk memasak cumi-cumi! :)

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar

Comment

Regina

Bagi resep cumi2 goreng seperti di foto donk.. makasih.. :)

May 09, 2011

Inna Roida Santoso

rESEPNYA MANA??

June 16, 2011