Cerita Tentang Bakso

Admin Sukamasak

Bakso.  Siapa yang tidak kenal dengan jenis makanan yang satu ini? Hampir semua orang tahu dan suka dengan makanan berbentuk bulat ini. Begitu populernya, hingga bakso dapat kita temukan mulai dari pedagang kaki lima di jalan hingga di restoran atau hotel bintang lima. Kepopuleran bakso memang tidak dapat diragukan lagi, namun tahukah Anda tentang sejarahnya? Tahukah juga Anda tentang aneka resep bakso di negara-negara lain? Yuk simak cerita menariknya!

Awal mulanya bakso berasal dari seni kuliner Tionghoa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari istilah Bakso yang berasal dari Bahasa Hokkien, Bak-So yang berarti ‘daging babi giling’. Namun karena di Indonesia mayoritas penduduknya beragama Islam, pembuatan bakso disesuaikan dengan memakai daging halal seperti daging sapi, ayam atau ikan. Dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, biasanya bakso disajikan dengan kuah kaldu sapi bening dicampur dengan mi, bihun, taoge, tahu dan bahan lainnya sesuai selera. Kemudian bakso ditaburi dengan bawang goreng dan seledri.

Di Indonesia, bakso memiliki jenis yang beragam, mulai dari bakso urat, bakso telur, bakso gepeng, bakso ikan, hingga bakso keju.  Namun yang paling populer adalah bakso dari Solo dan Malang yang disebut dengan Bakso Malang. Berbeda dengan di Indonesia, di negara lainnya seperti Amerika, bakso biasanya disajikan dengan spaghetti dan disebut dengan meatballs.

Di negara Eropa seperti Belanda, bakso yang dikenal dengan nama gehaktball ini biasanya disajikan dengan kentang rebus dan sayuran sebagai makanan sehari-hari di rumah tangga masyarakatnya. Sedangkan di Italia, bakso dikenal sebagai polpette yang biasanya dimakan sebagai hidangan utama bersama pasta atau dalam sup.  Di Finlandia, bakso disebut dengan lihapullat dan biasanya disajikan dengan saus, kentang rebus atau puree dan kadang-kadang dengan ketimun yang diasamkan.

Begitu banyak resep masakan bakso di negara-negara lainnya yang menggoda untuk dicoba yah para penyuka masak! Jadi, bagi Anda pencinta bakso yang mulai bosan dengan kreasi bakso yang umum ada di Indonesia, tidak ada salahnya mencoba kreasi bakso dari negara lain lho! Atau Anda ingin mencoba memasak bakso dengan resep sendiri? Kenapa tidak? J

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar