Tips Memasak Kerang

Admin Sukamasak

Bagi penggemar seafood, kerang pasti tidak asing lagi. Berbagai resep masakan hewan bertubuh lunak ini telah menjadi menu wajib bagi pencinta makanan laut. Bukan hanya sebagai makanan pembuka, kerang juga dapat dihidangkan sebagai makanan utama dengan cara dikukus, dipanggang, dijadikan tumisan atau sebagai campuran pada spagheti. 

Tertarik untuk mencoba memasak hewan laut bergizi yang satu ini?  Simak dulu tips pengolahannya berikut ini:

Saat memilih kerang, pastikan kerang masih segar dan kenyal serta tidak berbau. Jika kerang yang Anda beli masih bercangkang, segera simpan di dalam kulkas dengan cara dibungkus dengan kantung yang berlubang atau berpori agar kerang tetap segar.

Bersihkan kerang sebelum dikonsumsi dengan cara merendamnya di dalam air yang telah dibubuhi garam. Saat merendam, tutup rendaman kerang dan diamkan beberapa saat agar pasir serta kotorannya terlepas.

Jika ingin mengkonsumsi kerang secara mentah, berikan potongan lemon untuk menghilangkan aroma alami kerang. Namun, mengkonsumsi kerang mentah tidak dianjurkan karena kerang mentah dapat terkontaminasi bakteri vibrio vunificius yang dapat menimbulkan keracunan, terutama pada ibu hamil.

Cara lain untuk mengolah resep makanan kerang adalah dengan dikukus. Tapi, jangan terlalu matang ya, para Penyuka Masak! Karena jika terlalu matang, ada racun dari kerang yang dapat keluar. Saat mengukus kerang, Anda juga dapat menambahkan sedikit garam agar rasa kerang lebih nikmat.

Kerang juga dapat diolah dengan cara dipanggang dengan menambahkan bumbu sesuai selera. Sebelum dipanggang, ada baiknya kerang dikupas lalu campuri dengan jus, kemudian bilas terlebih dahulu sebelum dilumeri dengan mentega dan dipanggang. 

Untuk Anda penggemar masakan rebus-rebusan,  Anda dapat mengolah kerang dengan cara direbus. Jika masih di dalam cangkangnya, rebus kerang hingga cangkang terbuka lalu angkat. Namun jika kerang digunakan sebagai campuran pada sup atau makanan lain, masukkan kerang ke dalam rebusan di menit-menit terakhir untuk mendapatkan hasil dan cita rasa yang maksimal.  

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar

Comment

Nani

admin boleh nambahin ya...supaya kerang lebih cepat masaknya ( cangkangnya mudah dan cepat terbuka, dagingnya empuk), cukup masukkan kerang kedalam panci tanpa diberi air, tutup pancinya kemudian masak diatas api, bila air kerang sudah keluar atau salah satu dari cangkang kerang ada yg terbuka (+/- 5 mnt) angkat pancidari api, dinginkan, kupas dan kerang siap tuk dimakan atau di olah...

October 10, 2011

Tags: