Tips Mengenali Telur yang Masih Segar

Admin Sukamasak

Telur merupakan bahan makanan yang paling sering kita simpan, karena termasuk bahan makanan yang sering digunakan dan mudah diolah. Namun, seringkali kita terlupa untuk menuliskan tanggal pembelian telur dan mengingat tanggal kadaluarsanya. Telur dapat mempertahankan kualitas primanya dalam kurun waktu seminggu. Pada dasarnya, telur dapat disimpan selama tiga sampai empat minggu. Dengan catatan semakin lama disimpan, kualitas telur akan semakin menurun.

Tapi jangan khawatir, Penyuka Masak. Berikut ini ada tips praktis untuk mengenali apakah telur yang kita simpan, masih layak dikonsumsi atau tidak.

1.Guncangkan telur secara perlahan, lalu perhatikan bunyi yang dihasilkan. Jika terdengar bunyi gemerutuk, berarti telur tersebut tidak terlalu segar. Tanda telur yang segar adalah putih dan kuningnya melekat di dinding telur, sehingga ketika digoyangkan tidak akan berbunyi.

2.Ada cara lain untuk mengetahui kelayakan telur, yaitu dengan mencelupkannya ke dalam wadah berisi air. Bila telur tenggelam, maka telur tersebut masih segar. Tapi, jika mengapung maka telur tersebut sudah tidak layak konsumsi.

3.Jika telur yang masih segar dipecahkan di atas wajan, maka bagian putihnya akan menempel pada kuningnya. Jika putih telur menyebar dari kuningnya, bisa dipastikan bahwa telur sudah tidak segar lagi.

4.Kuning telur yang segar warnanya kuning tua cerah, sedangkan telur yang sudah lama disimpan, kuning telurnya akan memucat. Namun, tips yang satu ini tidak selalu bisa diandalkan karena jenis pakan ayam sangat mempengaruhi warna kuning telur.

5.Perhatikan juga ruang udara. Telur segar memiliki ruang udara yang lebih kecil di sebelah kanan dalam. Selain itu, kuning telurnya tidak cacat, bersih, dan tidak terdapat pembuluh darah danbercak daging atau bercak darah. Putih telurnya pun segar dan tebal di ikat oleh chalaza (pintalan tali berwarna keputihan).

Semoga tips ini dapat mempermudah Penyuka Masak untuk selalu menghidangkan menu terbaik untuk keluarga. Bahan makanan seperti telur yang mudah didapat pun, sangat bergizi dan dapat diolah menjadi hidangan yang menggugah selera :)

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar