Info seputar pemberian makanan bayi sebagai pengganti asi

Ema Marlina

Pemberian Makanan Pengganti ASI kepada Bayi dan Anak Selama 6 bulan pertama, sebaiknya bayi hanya mengkonsumsi ASI karena ASI telah mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan oleh bayi, termasuk enzim dan hormon pertumbuhan yang memungkinkan bayi tumbuh dengan baik.

ASI mengandung AA dan DHA yang terutama penting untuk membentuk kecerdasan otak. Selain itu ASI juga mudah dicerna serta diserap tubuh bayi. ASI membuat bayi memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga tak mudah terkena penyakit, tak mudah mengalami alergi maupun kegemukan. ASI juga meningkatkan intelegendsi bayi.

Setelah berumur 6 bulan, bayi baru memerlukan makanan pendamping ASI. makanan pertama bayi sebagai pendamping ASI, sebaiknya dari jenis buah-buahan yang manis dan mudah dicerna, misalnya pisang dan mangga manis. Buah-buahan yang manis bisa menjadi makanan bayi dengan cara dijadikan pure atau dijadikan bubur lembut.

Untuk anak yang berusia setahun ke atas, bisa dibuatkan olahan yang lebih bervariasi lagi.Ketika memberikan makanan pertama bagi bayi, berikan dulu satu macam dalam jumlah sedikit, jika bayi menerima dan tidak ada reaksi alergi, barulah jumlahnya ditambah dan bisa dikenalkan dengan jenis buah yang lainnya.Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Membuat Makanan BayiMadutidak seharusnya diberikan pada anak sebelum usianya mencapai setahun, karena ada jenis bakteri yang muncul pada madu yang bisa menyebabkan keracunan (infant botulism).

Setelah usia bayi mencapai setahun, saluran cernanya menjadi lebih kuat sehingga bakteri tersebut tak dapat tumbuh.Garam tidak perlu selalu ditambahkan ke dalam makanan bayi, karena terlalu sering menggunakan garam dapat menekan ginjal dan menyebabkan dehidrasi. Makanan yang diasap juga sebaiknya dihindari.Gula pun sebaiknya tidak sering digunakan, kecuali jika menggunakan buah yang sangat asam sebagai campuran. Terlalu sering menambahkan gula tidak baik untuk kesehatan gigi anak yang baru tumbuh.Ikan dan Kacang-kacang bisa menimbulkan reaksi alergi pada beberapa anak. Karena itu, pastikan anak Anda tidak alergi sebelum menggunakannya pada makanan atau minuman bayi.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar